Hospitality and Tourism

Learning Beyond the Classroom

Industri pariwisata merupakan industri yang potensial dan terus berkembang di Indonesia. Program ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pengusaha eksekutif bisnis pariwisata dan bisnis berbasis layanan lainnya. Materi yang diberikan antara lain manajemen hotel dan restoran, bisnis perjalanan, event organizer, perilaku konsumen pariwisata, etika dan kepribadian, dan psikologi layanan.


Visi

Visi Program Studi Manajemen di Universitas Surabaya adalah: 

"Menjadi sekolah bisnis yang unggul dalam pengembangan keilmuan manajemen guna menghasilkan entrepreneurial leaders dengan kontribusi signifikan kepada masyarakat global." 

Visi ini mencerminkan komitmen program studi untuk mempersiapkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu manajemen tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan yang inovatif, berorientasi kewirausahaan, dan berdaya saing di kancah internasional​. 

Misi

  1. Memperkuat diferensiasi dan relevansi program studi secara berkelanjutan melalui kolaborasi aktif dengan bisnis dan industri. 
  2. Pengembangan ekosistem pembelajaran kelas dunia berbasis collaborative experiential learning. 
  3. Penguatan budaya riset kolaboratif untuk pengembangan keilmuan manajemen dengan fokus pada penciptaan nilai melalui inovasi dan green technology, peningkatan kualitas hidup dan transformasi sosial. 
  4. Penerapan hasil-hasil penelitian melalui program pengabdian kepada Masyarakat berbasis kemitraan yang strategis dan sinergis dengan pemerintah, bisnis dan industri. 


Nama Program Hospitality and Tourism (Terakreditasi A klik untuk sertifikat)
Gelar Sarjana Manajemen - S.M.
Durasi 4 tahun
Syarat SMA Semua Jurusan,SMK yang bersesuaian
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Fasilitas 1 Apotek
1 Lapangan Futsal
1 Lapangan Sepak Bola
1 wall climbing
100+ Organisasi kemahasiswaan
Kontak Telepon: 031-2981130
Fax: -
Email: fbe@unit.ubaya.ac.id
Website: https://fbeubaya.id/
Bidang Kerja

Peminatan ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola bisnis di sektor layanan dan pariwisata. Kurikulum berfokus pada aspek operasional, strategi, dan inovasi dalam industri jasa serta pengembangan destinasi pariwisata yang berkelanjutan. 

Dasar-Dasar Manajemen Layanan dan Pariwisata: 

  • Mahasiswa akan memahami konsep dasar dalam manajemen layanan, seperti perilaku pelanggan, kualitas layanan, serta prinsip-prinsip hospitalitas. 
  • Kursus ini juga mencakup pemahaman tentang sektor pariwisata dan dampak sosial-ekonomi yang ditimbulkan pada komunitas lokal dan lingkungan. 

    Strategi Operasional dalam Layanan dan Pariwisata
    : 
  • Fokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan operasional di perusahaan layanan dan pariwisata, termasuk manajemen perhotelan, restoran, dan agen perjalanan. 
  • Mahasiswa mempelajari cara meningkatkan efisiensi operasional sambil menjaga kualitas layanan yang tinggi. 

    Manajemen Hubungan Pelanggan: 
  • Mempelajari cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas dalam industri layanan, termasuk teknik komunikasi yang efektif, manajemen keluhan, dan personalisasi pengalaman pelanggan. 

    Pengembangan Destinasi dan Pengelolaan Wisata: 
  • Mahasiswa belajar tentang perencanaan dan pengelolaan destinasi wisata, termasuk strategi pemasaran destinasi, pelestarian budaya, dan pariwisata berkelanjutan. 
  • Materi mencakup cara mengelola lingkungan alam dan budaya untuk meningkatkan daya tarik destinasi dan menjaga keberlanjutannya. 

    Pemasaran Layanan dan Pariwisata: 
  • Mahasiswa mempelajari pemasaran berbasis pengalaman dan cara memposisikan layanan pariwisata di pasar yang kompetitif. 
  • Topik mencakup pengelolaan merek (branding), pemasaran digital, dan strategi promosi untuk sektor layanan dan pariwisata. 

    Manajemen Acara dan Peristiwa: 
  • Pengelolaan acara (event management) adalah bagian penting dari industri pariwisata. Mahasiswa belajar merancang, mempromosikan, dan melaksanakan berbagai jenis acara yang dapat meningkatkan daya tarik destinasi. 

Semester 1

1300A01B PENGANTAR AKUNTANSI I 3SKS
1301Z014 COMMUNICATIVE ENGLISH 2SKS
1300E01B PENGANTAR EKONOMIKA MIKRO 3SKS
1300E02B PENGANTAR EKONOMIKA MAKRO 3SKS
1301Z013 LITERASI DIGITAL 2SKS
1301Z012 MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI 3SKS
1300M01B MANAJEMEN BISNIS 4SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 2

1300M02B MANAJEMEN KEUANGAN DAN INVESTASI 4SKS
1302M07B MANAJEMEN OPERASI 4SKS
1302M08B MANAJEMEN PEMASARAN 4SKS
1302M10B MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA 4SKS
1302M12B PEREKONOMIAN INDONESIA 2SKS
1300E07B STATISTIKA I 2SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 3

1302Z002 PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 3SKS
1302M16B KEUANGAN KORPORAT INTERNASIONAL 3SKS
0011XA PENDIDIKAN AGAMA 3SKS
1302M02B DESIGN THINKING 3SKS
1302M01B BIG DATA ANALYSIS 3SKS
1300A02B HUKUM DAN ETIKA DALAM BISNIS 3SKS
1300M03B STATISTIKA II 2SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 4

1302M23B PERILAKU ORGANISASI 2SKS
1302M21B PERILAKU KONSUMEN 3SKS
1302M20B PENGANTAR PERPAJAKAN 3SKS
1302M18B MANAJEMEN STRATEJIK 3SKS
1302M17B MANAJEMEN KUALITAS 3SKS
1302M03B EKONOMI MANAJERIAL 2SKS
1302M05B MANAJEMEN INOVASI 3SKS
Total SKS Wajib 19SKS

Semester 5

1302M13B SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 2SKS
1300F01B PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 3SKS
1302M14B BUSINESS SCALE UP 3SKS
1302M15B SUSTAINABILITY MANAGEMENT 3SKS
1302M06B MANAJEMEN LINTAS BUDAYA 2SKS
1302M04B KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL 3SKS
1302M22B PUBLIC SPEAKING 3SKS
Total SKS Wajib 19SKS

Semester 6

1300E06B BAHASA INDONESIA AKADEMIK 2SKS
1302L02B BISNIS PARIWISATA 3SKS
1302L01B HOSPITALITY MANAJEMEN 3SKS
1302M09B MANAJEMEN RISIKO 3SKS
1302M11B PEMASARAN DIGITAL 3SKS
1302Z001 KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI 3SKS
Total SKS Wajib 17SKS

Semester 7

1300M04B METODOLOGI PENELITIAN 2SKS
1302L05B TOPIK KONTEMPORER HOSPITALITY 3SKS
1302L04B MANAJEMEN LAYANAN PELANGGAN 3SKS
1302L03B MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN 3SKS
1302G43B EVENT MANAGEMENT 3SKS
1302G42B MANAJEMEN RESTORAN 3SKS
1302G41B MANAJEMEN HOTEL 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 8

1300M06B SKRIPSI 6SKS
Total SKS Wajib 6SKS

Mata Kuliah Pilihan

1302G03B PEMASARAN ECERAN 3SKS
1302G01B KOMUNIKASI PEMASARAN 3SKS
1302G02B MANAJEMEN PRODUK DAN HARGA 3SKS
1302G04B MANAJEMEN PENJUALAN 3SKS

  • 1 Apotek
  • 1 Lapangan Futsal
  • 1 Lapangan Sepak Bola
  • 1 wall climbing
  • 100+ Organisasi kemahasiswaan
  • 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
  • 2 lapangan bulu tangkis
  • 2 Lapangan voli
  • 2 Poli Gigi
  • 2 Poli Umum
  • 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
  • 3.000 space parkir mobil
  • 4.000 space parkir sepeda motor
  • 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
  • ATM
  • Kantin dan swalayan
  • Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
  • Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
  • Wifi hot spots

Navigasi


Daftar Online