Entrepreneurial Marketing

Learning Beyond the Classroom

Entrepreneurial Marketing merupakan salah satu peminatan di Program Studi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (UBAYA). Peminatan ini mengintegrasikan antara orientasi kemanusiaan dan teknologi yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi lingkungan bisnis yang dinamis. Program ini merupakan program kekhususan yang akan berkolaborasi dengan para praktisi dan pengajar dari MarkPlus Institute. Program ini mengkombinasikan penerapan ilmu marketing dalam dunia usaha yang secara proaktif untuk melihat peluang dan inovasi sehingga perusahaan dapat bergerak lebih cepat dan flexible dalam menangkap peluang dan pengembangan pasar baru. Materi yang akan diajarkan dalam program ini: New Venture Leadership, Brandpreneurship, Salespreneurship, Servicepreneurship, Creative Marketing Communication, Marketing Planning, Technopreneurship, dan Entrepreneurial Marketing

Sebagai bagian dari program, mahasiswa akan mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sertifikat dari MarkPlus Institute. Sertifikasi ini mencakup bidang-bidang seperti: 

  1. Sales Operation
  2. Brand Operation
  3. Service Operation

Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing lulusan di pasar kerja dan memastikan mereka memiliki kompetensi yang diakui secara profesional. Melalui kurikulum yang komprehensif dan kolaborasi dengan MarkPlus Institute, Program Kekhususan Entrepreneurial Marketing di UBAYA mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional pemasaran yang inovatif, adaptif, dan siap menghadapi tantangan di dunia bisnis yang dinamis. 


Visi

"Menjadi sekolah bisnis yang unggul dalam pengembangan keilmuan manajemen guna menghasilkan entrepreneurial leaders dengan kontribusi signifikan kepada masyarakat global." 

Visi ini mencerminkan komitmen program studi untuk mempersiapkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu manajemen tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan yang inovatif, berorientasi kewirausahaan, dan berdaya saing di kancah internasional​. 

Misi

  1. Memperkuat diferensiasi dan relevansi program studi secara berkelanjutan melalui kolaborasi aktif dengan bisnis dan industri. 
  2. Pengembangan ekosistem pembelajaran kelas dunia berbasis collaborative experiential learning. 
  3. Penguatan budaya riset kolaboratif untuk pengembangan keilmuan manajemen dengan fokus pada penciptaan nilai melalui inovasi dan green technology, peningkatan kualitas hidup dan transformasi sosial. 
  4. Penerapan hasil-hasil penelitian melalui program pengabdian kepada Masyarakat berbasis kemitraan yang strategis dan sinergis dengan pemerintah, bisnis dan industri. 


Nama Program Entrepreneurial Marketing (Terakreditasi Unggul)
Gelar Sarjana Manajemen - S.M.
Durasi 4 tahun
Syarat SMA Semua Jurusan, SMK yang bersesuaian
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Fasilitas Club Mahasiswa
Database Pasar Modal Dunia
Dosen Penasehat Akademik
Galeri Investasi (Laboratorium Investasi)
Laboratorium Komputer
Selengkapnya ...
Kontak Telepon: 031-2981130
Fax: -
Email: fbe@unit.ubaya.ac.id
Website: https://fbeubaya.id/
Bidang Kerja  Innovation Manager
Brand Manager di Perusahaan Start-up
Community Manager untuk Bisnis Baru
Customer Experience Manager
Digital Marketing Entrepreneur
Selengkapnya ...

Kurikulum program ini mencakup tiga semester, dimulai dari semester enam hingga delapan. Selama periode tersebut, mahasiswa akan mengikuti berbagai mata kuliah yang dirancang untuk mengintegrasikan teori dan praktik dalam bidang pemasaran dan kewirausahaan. Beberapa mata kuliah utama meliputi: 

Entrepreneurial Marketing: Fokus pada strategi pemasaran yang inovatif dan adaptif dalam konteks kewirausahaan. 

Digital Marketing: Pembelajaran mengenai penggunaan platform digital untuk kegiatan pemasaran, termasuk media sosial, SEO, dan SEM. 

Brand Management: Strategi dalam membangun dan mengelola merek yang kuat dan berkelanjutan. 

Sales and Negotiation Skills: Pengembangan keterampilan dalam penjualan dan negosiasi yang efektif. 

Market Research and Consumer Behavior: Analisis perilaku konsumen dan metode riset pasar untuk pengambilan keputusan bisnis. 

Semester 1

1300A01B PENGANTAR AKUNTANSI I 3SKS
1302Z014 COMMUNICATIVE ENGLISH 2SKS
1302Z013 LITERASI DIGITAL 2SKS
1302Z012 MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI 3SKS
1300M01B MANAJEMEN BISNIS 4SKS
1300E01B PENGANTAR EKONOMIKA MIKRO 3SKS
1300E02B PENGANTAR EKONOMIKA MAKRO 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 2

1300E07B STATISTIKA I 2SKS
1302M12B PEREKONOMIAN INDONESIA 2SKS
1302M10B MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA 4SKS
1302M08B MANAJEMEN PEMASARAN 4SKS
1302M07B MANAJEMEN OPERASI 4SKS
1300M02B MANAJEMEN KEUANGAN DAN INVESTASI 4SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 3

1000A002 PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 3SKS
1302M16B KEUANGAN KORPORAT INTERNASIONAL 3SKS
1300M03B STATISTIKA II 2SKS
1302M02B DESIGN THINKING 3SKS
1300A02B HUKUM DAN ETIKA DALAM BISNIS 3SKS
1302M01B BIG DATA ANALYSIS 3SKS
Total SKS Wajib 17SKS

Semester 4

1302M03B EKONOMI MANAJERIAL 2SKS
1302M21B PERILAKU KONSUMEN 3SKS
1302M20B PENGANTAR PERPAJAKAN 3SKS
1302M18B MANAJEMEN STRATEJIK 3SKS
1302M17B MANAJEMEN KUALITAS 3SKS
1302M23B PERILAKU ORGANISASI 2SKS
1302M05B MANAJEMEN INOVASI 3SKS
Total SKS Wajib 19SKS

Semester 5

1302M13B SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 2SKS
1302M14B BUSINESS SCALE UP 3SKS
1302M06B MANAJEMEN LINTAS BUDAYA 2SKS
1302M19B PENGANTAR AKUNTANSI BIAYA 3SKS
1302M04B KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL 3SKS
1302M22B PUBLIC SPEAKING 3SKS
Total SKS Wajib 16SKS

Semester 6

1302Q01B SALESPRENEURSHIP 3SKS
1302Q04B ENTREPRENEURIAL MARKETING 3SKS
1302Z001 KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI 3SKS
1302M15B SUSTAINABILITY MANAGEMENT 3SKS
1300E06B BAHASA INDONESIA AKADEMIK 2SKS
1302M11B PEMASARAN DIGITAL 3SKS
1302M09B MANAJEMEN RISIKO 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 7

1302G51B MARKETING PLANNING 3SKS
1302Q02B BRANDPRENEURSHIP 3SKS
1302Q03B SERVICEPRENEURSHIP 3SKS
1302Q05B TECHNOPRENEURSHIP 3SKS
1300M04B METODOLOGI PENELITIAN 2SKS
1302G53B NEW VENTURE LEADERSHIP 3SKS
1302G52B KOMUNIKASI PEMASARAN KREATIF 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 8

1300M06B SKRIPSI 6SKS
Total SKS Wajib 6SKS

  • Club Mahasiswa
  • Database Pasar Modal Dunia
  • Dosen Penasehat Akademik
  • Galeri Investasi (Laboratorium Investasi)
  • Laboratorium Komputer
  • UBest Café (Laboratorium Layanan dan Pariwisata)

  • 1 Apotek
  • 1 Lapangan Futsal
  • 1 Lapangan Sepak Bola
  • 1 wall climbing
  • 100+ Organisasi kemahasiswaan
  • 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
  • 2 lapangan bulu tangkis
  • 2 Lapangan voli
  • 2 Poli Gigi
  • 2 Poli Umum
  • 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
  • 3.000 space parkir mobil
  • 4.000 space parkir sepeda motor
  • 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
  • ATM
  • Kantin dan swalayan
  • Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
  • Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
  • Wifi hot spots

  •  Innovation Manager
  • Brand Manager di Perusahaan Start-up
  • Community Manager untuk Bisnis Baru
  • Customer Experience Manager
  • Digital Marketing Entrepreneur
  • Entrepreneur atau Pendiri Start-up
  • Growth Hacker
  • Innovation Consultant untuk Perusahaan Rintisan
  • Market Research Analyst untuk Pasar Baru
  • Marketing Consultant untuk UKM
  • Marketing Strategist
  • Product Manager
  • Sales and Business Development Manager
  • Sales Strategist untuk Produk Baru
  • Venture Development Specialist

Navigasi


Daftar Online