Creative Digital Marketing

Learning Beyond the Classroom

Pemahaman terhadap pasar dan pencitraan produk sangat penting mengingat pesatnya dinamika lingkungan dan konsumen saat ini. Program ini mempelajari tentang pemetaan pasar, perencanaan strategi pemasaran yang tepat dan inovatif, positioning produk/perusahaan, dan penciptaan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Materi yang diberikan antara lain komunikasi pemasaran, pemasaran digital, pemasaran media sosial, strategi pemasaran, perilaku konsumen, pemasaran global, e-marketing, dan manajemen penjualan. 


Visi

"Menjadi sekolah bisnis yang unggul dalam pengembangan keilmuan manajemen guna menghasilkan entrepreneurial leaders dengan kontribusi signifikan kepada masyarakat global." 

Visi ini mencerminkan komitmen program studi untuk mempersiapkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu manajemen tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan yang inovatif, berorientasi kewirausahaan, dan berdaya saing di kancah internasional​. 

Misi

  1. Memperkuat diferensiasi dan relevansi program studi secara berkelanjutan melalui kolaborasi aktif dengan bisnis dan industri.
  2. Pengembangan ekosistem pembelajaran kelas dunia berbasis collaborative experiential learning.
  3. Penguatan budaya riset kolaboratif untuk pengembangan keilmuan manajemen dengan fokus pada penciptaan nilai melalui inovasi dan green technology, peningkatan kualitas hidup dan transformasi sosial.
  4. Penerapan hasil-hasil penelitian melalui program pengabdian kepada Masyarakat berbasis kemitraan yang strategis dan sinergis dengan pemerintah, bisnis dan industri. 


Nama Program Creative Digital Marketing (Terakreditasi UNGGUL klik untuk sertifikat)
Gelar Sarjana Manajemen - S.M.
Durasi 4 tahun
Syarat SMA Semua Jurusan dan SMK yang bersesuaian
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Fasilitas Club Mahasiswa
Database Pasar Modal Dunia
Dosen Penasehat Akademik
Galeri Investasi (Laboratorium Investasi)
Laboratorium Komputer
Selengkapnya ...
Kontak Telepon: 031-2981130
Fax: -
Email: fbe@unit.ubaya.ac.id
Website: https://fbeubaya.id/
Bidang Kerja  Influencer Marketing Manager
Brand Strategist
Content Strategist
Conversion Rate Optimization (CRO) Specialist
Creative Director di Bidang Digital Marketing
Selengkapnya ...

Dasar-dasar Pemasaran Digital: Mahasiswa mempelajari fondasi pemasaran digital, termasuk konsep digital marketing framework, pengenalan konsumen digital, dan strategi pemasaran berbasis data. Topik yang diajarkan mencakup penggunaan model pemasaran digital seperti 7Ps (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) yang membantu mahasiswa memahami elemen penting dalam strategi pemasaran digital​. 

Pengembangan Konten Digital yang Efektif: Mahasiswa dilatih untuk menyusun strategi konten yang sesuai dengan tujuan pemasaran. Mereka belajar tentang pembuatan konten yang relevan untuk media digital, seperti konten media sosial, email marketing, dan iklan digital. Kelas ini mencakup prinsip-prinsip content creation, audience engagement, dan brand storytelling untuk menciptakan pengalaman digital yang menarik​. 

Optimasi Saluran Digital (Digital Channels Optimization): Mahasiswa mengembangkan keterampilan dalam memaksimalkan potensi berbagai kanal pemasaran digital, termasuk SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), serta pemasaran melalui media sosial dan email. Mereka juga belajar untuk menggunakan data analitik untuk mengoptimalkan kampanye dan meningkatkan traffic dan konversi pada platform digital​. 

Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing): Fokus pada lingkungan media sosial, strategi konten, dan platform pilihan yang sesuai dengan target pasar. Mahasiswa belajar tentang platform utama seperti Facebook, Instagram, Google, dan YouTube, serta penggunaan taktik yang efektif untuk engagement dan analisis hasil kampanye. Mereka diajarkan untuk mengukur efektivitas strategi dan membuat penyesuaian berdasarkan hasil analitik​. 

Evaluasi Kinerja Kampanye: Mahasiswa dilatih untuk melakukan evaluasi terhadap hasil kampanye pemasaran digital melalui berbagai alat analitik. Kemampuan ini meliputi pelaporan hasil, interpretasi data, dan penyesuaian strategi berdasarkan hasil kinerja kampanye untuk meningkatkan efektivitas pemasaran​. 

Kurikulum ini didukung oleh metode pembelajaran berbasis kasus, proyek kelompok, serta diskusi analitik yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan problem-solving mahasiswa dalam konteks pemasaran digital yang dinamis. Dengan pendekatan ini, peminatan Creative Digital Marketing mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia pemasaran digital modern dan berkontribusi secara efektif dalam industri kreatif dan digital. 

Semester 1

1300A01B PENGANTAR AKUNTANSI I 3SKS
1302Z014 COMMUNICATIVE ENGLISH 2SKS
1302Z013 LITERASI DIGITAL 2SKS
1302Z012 MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI 3SKS
1300M01B MANAJEMEN BISNIS 4SKS
1300E01B PENGANTAR EKONOMIKA MIKRO 3SKS
1300E02B PENGANTAR EKONOMIKA MAKRO 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 2

1300E07B STATISTIKA I 2SKS
1302M12B PEREKONOMIAN INDONESIA 2SKS
1302M10B MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA 4SKS
1302M08B MANAJEMEN PEMASARAN 4SKS
1302M07B MANAJEMEN OPERASI 4SKS
1300M02B MANAJEMEN KEUANGAN DAN INVESTASI 4SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 3

0001XA PENDIDIKAN AGAMA 3SKS
1302M16B KEUANGAN KORPORAT INTERNASIONAL 3SKS
1300M03B STATISTIKA II 2SKS
1302Z002 PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 3SKS
1302M02B DESIGN THINKING 3SKS
1302M01B BIG DATA ANALYSIS 3SKS
1300A02B HUKUM DAN ETIKA DALAM BISNIS 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 4

1302M03B EKONOMI MANAJERIAL 2SKS
1302M21B PERILAKU KONSUMEN 3SKS
1302M20B PENGANTAR PERPAJAKAN 3SKS
1302M18B MANAJEMEN STRATEJIK 3SKS
1302M17B MANAJEMEN KUALITAS 3SKS
1302M23B PERILAKU ORGANISASI 2SKS
1302M05B MANAJEMEN INOVASI 3SKS
Total SKS Wajib 19SKS

Semester 5

1302M13B SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 2SKS
1302M14B BUSINESS SCALE UP 3SKS
1302M06B MANAJEMEN LINTAS BUDAYA 2SKS
1302M19B PENGANTAR AKUNTANSI BIAYA 3SKS
1302M04B KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL 3SKS
1302M22B PUBLIC SPEAKING 3SKS
Total SKS Wajib 16SKS

Semester 6

1302R02B PEMASARAN GLOBAL 3SKS
1300E06B BAHASA INDONESIA AKADEMIK 2SKS
1302R04B STRATEGI PEMASARAN 3SKS
1302M15B SUSTAINABILITY MANAGEMENT 3SKS
1302Z001 KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI 3SKS
1302M11B PEMASARAN DIGITAL 3SKS
1302M09B MANAJEMEN RISIKO 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 7

1302R01B PEMASARAN MEDIA SOSIAL 3SKS
1302R03B RISET PEMASARAN 3SKS
1302R05B SEMINAR PEMASARAN 3SKS
1300M04B METODOLOGI PENELITIAN 2SKS
Total SKS Wajib 11SKS

Semester 8

1300M06B SKRIPSI 6SKS
Total SKS Wajib 6SKS

Mata Kuliah Pilihan

1302G01B KOMUNIKASI PEMASARAN 3SKS
1302G04B MANAJEMEN PENJUALAN 3SKS
1302G03B PEMASARAN ECERAN 3SKS
1302G02B MANAJEMEN PRODUK DAN HARGA 3SKS

  • Memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan besar, start-up, agensi pemasaran digital, atau menjalankan bisnis digital mereka sendiri
  • Memiliki kemampuan untuk bekerja dalam berbagai peran dinamis yang menuntut kreativitas, analisis data, dan pemahaman tentang perilaku konsumen digital

  • Club Mahasiswa
  • Database Pasar Modal Dunia
  • Dosen Penasehat Akademik
  • Galeri Investasi (Laboratorium Investasi)
  • Laboratorium Komputer
  • UBest Café (Laboratorium Layanan dan Pariwisata)

  • 1 Apotek
  • 1 Lapangan Futsal
  • 1 Lapangan Sepak Bola
  • 1 wall climbing
  • 100+ Organisasi kemahasiswaan
  • 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
  • 2 lapangan bulu tangkis
  • 2 Lapangan voli
  • 2 Poli Gigi
  • 2 Poli Umum
  • 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
  • 3.000 space parkir mobil
  • 4.000 space parkir sepeda motor
  • 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
  • ATM
  • Kantin dan swalayan
  • Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
  • Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
  • Wifi hot spots

  •  Influencer Marketing Manager
  • Brand Strategist
  • Content Strategist
  • Conversion Rate Optimization (CRO) Specialist
  • Creative Director di Bidang Digital Marketing
  • Digital Advertising Specialist (PPC/Ad Manager)
  • Digital Marketing Specialist
  • E-commerce Specialist
  • Email Marketing Specialist
  • Product Marketing Manager
  • SEO/SEM Specialist
  • Social Media Manager
  • Web Analytics Specialist

Navigasi


Daftar Online