Tentang Program
Pemahaman terhadap pasar dan pencitraan produk sangat penting mengingat pesatnya dinamika lingkungan dan konsumen saat ini. Program ini mempelajari tentang pemetaan pasar, perencanaan strategi pemasaran yang tepat dan inovatif, positioning produk/perusahaan, dan penciptaan kepuasan serta loyalitas pelanggan. Materi yang diberikan antara lain komunikasi pemasaran, pemasaran digital, pemasaran media sosial, strategi pemasaran, perilaku konsumen, pemasaran global, e-marketing, dan manajemen penjualan.
Visi Misi
Visi
"Menjadi sekolah bisnis yang unggul dalam pengembangan keilmuan manajemen guna menghasilkan entrepreneurial leaders dengan kontribusi signifikan kepada masyarakat global."
Visi ini mencerminkan komitmen program studi untuk mempersiapkan lulusan yang tidak hanya menguasai ilmu manajemen tetapi juga memiliki jiwa kepemimpinan yang inovatif, berorientasi kewirausahaan, dan berdaya saing di kancah internasional​.
Misi
- Memperkuat diferensiasi dan relevansi program studi secara berkelanjutan melalui kolaborasi aktif dengan bisnis dan industri.
- Pengembangan ekosistem pembelajaran kelas dunia berbasis collaborative experiential learning.
- Penguatan budaya riset kolaboratif untuk pengembangan keilmuan manajemen dengan fokus pada penciptaan nilai melalui inovasi dan green technology, peningkatan kualitas hidup dan transformasi sosial.
- Penerapan hasil-hasil penelitian melalui program pengabdian kepada Masyarakat berbasis kemitraan yang strategis dan sinergis dengan pemerintah, bisnis dan industri.
Detail Program
Nama Program | Creative Digital Marketing (Terakreditasi UNGGUL klik untuk sertifikat) |
Gelar | Sarjana Manajemen - S.M. |
Durasi | 4 tahun |
Syarat | SMA Semua Jurusan dan SMK yang bersesuaian |
Lokasi Kampus | Kampus Tenggilis |
Fakultas | Fakultas Bisnis dan Ekonomika |
Fasilitas |
Club Mahasiswa Database Pasar Modal Dunia Dosen Penasehat Akademik Galeri Investasi (Laboratorium Investasi) Laboratorium Komputer Selengkapnya ... |
Kontak |
Telepon: 031-2981130 Fax: - Email: fbe@unit.ubaya.ac.id Website: https://fbeubaya.id/ |
Bidang Kerja |
 Influencer Marketing Manager Brand Strategist Content Strategist Conversion Rate Optimization (CRO) Specialist Creative Director di Bidang Digital Marketing Selengkapnya ... |
Kurikulum
Dasar-dasar Pemasaran Digital: Mahasiswa mempelajari fondasi pemasaran digital, termasuk konsep digital marketing framework, pengenalan konsumen digital, dan strategi pemasaran berbasis data. Topik yang diajarkan mencakup penggunaan model pemasaran digital seperti 7Ps (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) yang membantu mahasiswa memahami elemen penting dalam strategi pemasaran digital​.
Pengembangan Konten Digital yang Efektif: Mahasiswa dilatih untuk menyusun strategi konten yang sesuai dengan tujuan pemasaran. Mereka belajar tentang pembuatan konten yang relevan untuk media digital, seperti konten media sosial, email marketing, dan iklan digital. Kelas ini mencakup prinsip-prinsip content creation, audience engagement, dan brand storytelling untuk menciptakan pengalaman digital yang menarik​.
Optimasi Saluran Digital (Digital Channels Optimization): Mahasiswa mengembangkan keterampilan dalam memaksimalkan potensi berbagai kanal pemasaran digital, termasuk SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), serta pemasaran melalui media sosial dan email. Mereka juga belajar untuk menggunakan data analitik untuk mengoptimalkan kampanye dan meningkatkan traffic dan konversi pada platform digital​.
Pemasaran Media Sosial (Social Media Marketing): Fokus pada lingkungan media sosial, strategi konten, dan platform pilihan yang sesuai dengan target pasar. Mahasiswa belajar tentang platform utama seperti Facebook, Instagram, Google, dan YouTube, serta penggunaan taktik yang efektif untuk engagement dan analisis hasil kampanye. Mereka diajarkan untuk mengukur efektivitas strategi dan membuat penyesuaian berdasarkan hasil analitik​.
Evaluasi Kinerja Kampanye: Mahasiswa dilatih untuk melakukan evaluasi terhadap hasil kampanye pemasaran digital melalui berbagai alat analitik. Kemampuan ini meliputi pelaporan hasil, interpretasi data, dan penyesuaian strategi berdasarkan hasil kinerja kampanye untuk meningkatkan efektivitas pemasaran​.
Kurikulum ini didukung oleh metode pembelajaran berbasis kasus, proyek kelompok, serta diskusi analitik yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan problem-solving mahasiswa dalam konteks pemasaran digital yang dinamis. Dengan pendekatan ini, peminatan Creative Digital Marketing mempersiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan di dunia pemasaran digital modern dan berkontribusi secara efektif dalam industri kreatif dan digital.
Semester 1
1300A01B | PENGANTAR AKUNTANSI I | 3SKS |
1302Z014 | COMMUNICATIVE ENGLISH | 2SKS |
1302Z013 | LITERASI DIGITAL | 2SKS |
1302Z012 | MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI | 3SKS |
1300M01B | MANAJEMEN BISNIS | 4SKS |
1300E01B | PENGANTAR EKONOMIKA MIKRO | 3SKS |
1300E02B | PENGANTAR EKONOMIKA MAKRO | 3SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 2
1300E07B | STATISTIKA I | 2SKS |
1302M12B | PEREKONOMIAN INDONESIA | 2SKS |
1302M10B | MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA | 4SKS |
1302M08B | MANAJEMEN PEMASARAN | 4SKS |
1302M07B | MANAJEMEN OPERASI | 4SKS |
1300M02B | MANAJEMEN KEUANGAN DAN INVESTASI | 4SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 3
0001XA | PENDIDIKAN AGAMA | 3SKS |
1302M16B | KEUANGAN KORPORAT INTERNASIONAL | 3SKS |
1300M03B | STATISTIKA II | 2SKS |
1302Z002 | PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN | 3SKS |
1302M02B | DESIGN THINKING | 3SKS |
1302M01B | BIG DATA ANALYSIS | 3SKS |
1300A02B | HUKUM DAN ETIKA DALAM BISNIS | 3SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 4
1302M03B | EKONOMI MANAJERIAL | 2SKS |
1302M21B | PERILAKU KONSUMEN | 3SKS |
1302M20B | PENGANTAR PERPAJAKAN | 3SKS |
1302M18B | MANAJEMEN STRATEJIK | 3SKS |
1302M17B | MANAJEMEN KUALITAS | 3SKS |
1302M23B | PERILAKU ORGANISASI | 2SKS |
1302M05B | MANAJEMEN INOVASI | 3SKS |
Total SKS Wajib | 19SKS |
Semester 5
1302M13B | SISTEM INFORMASI MANAJEMEN | 2SKS |
1302M14B | BUSINESS SCALE UP | 3SKS |
1302M06B | MANAJEMEN LINTAS BUDAYA | 2SKS |
1302M19B | PENGANTAR AKUNTANSI BIAYA | 3SKS |
1302M04B | KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL | 3SKS |
1302M22B | PUBLIC SPEAKING | 3SKS |
Total SKS Wajib | 16SKS |
Semester 6
1302R02B | PEMASARAN GLOBAL | 3SKS |
1300E06B | BAHASA INDONESIA AKADEMIK | 2SKS |
1302R04B | STRATEGI PEMASARAN | 3SKS |
1302M15B | SUSTAINABILITY MANAGEMENT | 3SKS |
1302Z001 | KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI | 3SKS |
1302M11B | PEMASARAN DIGITAL | 3SKS |
1302M09B | MANAJEMEN RISIKO | 3SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 7
1302R01B | PEMASARAN MEDIA SOSIAL | 3SKS |
1302R03B | RISET PEMASARAN | 3SKS |
1302R05B | SEMINAR PEMASARAN | 3SKS |
1300M04B | METODOLOGI PENELITIAN | 2SKS |
Total SKS Wajib | 11SKS |
Semester 8
1300M06B | SKRIPSI | 6SKS |
Total SKS Wajib | 6SKS |
Mata Kuliah Pilihan
1302G01B | KOMUNIKASI PEMASARAN | 3SKS |
1302G04B | MANAJEMEN PENJUALAN | 3SKS |
1302G03B | PEMASARAN ECERAN | 3SKS |
1302G02B | MANAJEMEN PRODUK DAN HARGA | 3SKS |
Kompetensi Lulusan
- Memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan besar, start-up, agensi pemasaran digital, atau menjalankan bisnis digital mereka sendiri
- Memiliki kemampuan untuk bekerja dalam berbagai peran dinamis yang menuntut kreativitas, analisis data, dan pemahaman tentang perilaku konsumen digital
Fasilitas Program Studi
- Club Mahasiswa
- Database Pasar Modal Dunia
- Dosen Penasehat Akademik
- Galeri Investasi (Laboratorium Investasi)
- Laboratorium Komputer
- UBest Café (Laboratorium Layanan dan Pariwisata)
Fasilitas Universitas Surabaya
- 1 Apotek
- 1 Lapangan Futsal
- 1 Lapangan Sepak Bola
- 1 wall climbing
- 100+ Organisasi kemahasiswaan
- 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
- 2 lapangan bulu tangkis
- 2 Lapangan voli
- 2 Poli Gigi
- 2 Poli Umum
- 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
- 3.000 space parkir mobil
- 4.000 space parkir sepeda motor
- 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
- ATM
- Kantin dan swalayan
- Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
- Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
- Wifi hot spots
Bidang Kerja
-  Influencer Marketing Manager
- Brand Strategist
- Content Strategist
- Conversion Rate Optimization (CRO) Specialist
- Creative Director di Bidang Digital Marketing
- Digital Advertising Specialist (PPC/Ad Manager)
- Digital Marketing Specialist
- E-commerce Specialist
- Email Marketing Specialist
- Product Marketing Manager
- SEO/SEM Specialist
- Social Media Manager
- Web Analytics Specialist
Navigasi
Daftar Online