Desain Komunikasi Visual

Learning Beyond the Classroom

Dalam era digital dan media sosial, konten visual yang menarik dan mudah dipahami sudah menjadi keharusan, Desain Komunikasi Visual (DKV) Ubaya hadir untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin mengharapkan desain visual berkualitas agar pesan dapat disampaikan dengan jelas dan menarik melalui berbagai media visual. n DKV Ubaya memiliki keunggulan dalam pengajaran dan penerapan konsep storytelling dalam desain visual. Mahasiswa DKV Ubaya diajarkan cara menggunakan elemen desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan ilustrasi untuk menciptakan cerita yang menarik dan berkesan.

Mahasiswa juga diajarkan untuk memahami audiens, seperti masyarakat umum, klien, pengguna potensial, atau kelompok target spesifik tergantung pada konteks desain visual yang ditujukan, dan menggabungkan aspek psikologi komunikasi, prinsip desain, teknik komunikasi, dan teknologi digital dalam desain. Hal ini memungkinkan lulusan DKV Ubaya menjadi narator visual yang tidak hanya kuat dan mampu menyampaikan pesan secara efektif melalui media visual, namun juga mampu mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam menciptakan karya visual yang berpengaruh. n DKV Ubaya juga menyediakan lingkungan pembelajaran yang baik dengan fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mengeksplorasi kreativitas dan membuka peluang kolaborasi antar mahasiswa.


Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam membentuk creativepreneurship yang berkualitas dan berwawasan global melalui Desain Komunikasi Visual untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri

Misi

  • Mengembangkan bakat creativepreneurship yang unggul melalui pendekatan Desain Komunikasi Visual yang berkualitas, berorientasi pada standar global, dan relevan dengan kebutuhan bisnis dan industri.
  • Menyediakan pendidikan yang berfokus pada pengembangan pemikiran kreatif, keterampilan desain, dan kewirausahaan, sehingga lulusan siap untuk berperan aktif dalam memajukan masyarakat bisnis dan industri.
  • Mendorong kolaborasi lintas disiplin ilmu dan kerja sama dengan industri serta komunitas lokal dan internasional, untuk memperluas wawasan global mahasiswa dan mendukung inovasi dalam Desain Komunikasi Visual.
  • Memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan teknologi terbaru dan tren dalam industri kreatif, sehingga lulusan dapat menjadi pemimpin dalam menghadapi tantangan masa depan.
  • Memberikan dampak positif pada masyarakat dan ekonomi dengan melahirkan lulusan yang kreatif, berintegritas, dan berdaya saing tinggi di pasar global.   


Nama Program Desain Komunikasi Visual (Terakreditasi Sementara)
Gelar - S.Ds.
Durasi 4 tahun
Syarat SMA IPA, IPS dan SMK yang relevan
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Fakultas Industri Kreatif
Fasilitas Laboratorium Computer Aided Design
Laboratorium Fotografi
Studio Desain Interaksi
Studio Gambar Manual
1 Apotek
Kontak Telepon: +62 31 298 1193
Fax: -
Email: fik@unit.ubaya.ac.id
Website: https://industrikreatif.ubaya.ac.id/visual-communication-design/
Bidang Kerja Animator
Art Consultant
Art Director
Content Creator
Entrepreneur
Selengkapnya ...

Semester 1 dan 2, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar estetika, kreativitas, serta mengeksplorasi prinsip-prinsip desain yang diterapkan dalam mata kuliah Monochrome Drawing, Colored Drawing, Basics of Art, dan 3D Artwork. Selain itu, mahasiswa akan menjalani pembelajaran  pengembangan diri. Pengetahuan dasar ini dilengkapi dengan pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan spiritual yang akan membentuk fondasi pengembangan kemampuan desain dan kemampuan berpikir kritis dalam awal perjalanan karir profesional.

Pada semester 3 dan 4, mahasiswa akan mulai memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai aspek desain. Mata kuliah yang dirancang secara khusus akan mengasah kemampuan mahasiswa dalam menciptakan dan merealisasikan ide-ide desain yang inovatif. Melalui mata kuliah seperti ilustrasi, tipografi, dan fotografi, mahasiswa tidak hanya akan mengembangkan keterampilan teknis mereka tetapi juga mengeksplorasi minat dan bakat mereka lebih lanjut. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi desainer yang kreatif dan kompeten di dunia industri kreatif.

Pada semester 5 dan 6, mahasiswa diajak untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang desain dan pemasaran. Mereka akan memperkuat kemampuan dalam menciptakan dan memasarkan produk dengan pembekalan analisis data dalam konteks desain, mengembangkan pendekatan ilmiah dalam desain, serta mendalami aspek historis dan sosial. Selain itu, mahasiswa akan belajar mengembangkan pemikiran bisnis, memahami pentingnya keberlanjutan, mengeksplorasi aspek komersial, dan merancang strategi promosi yang efektif. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam industri kreatif yang kompetitif.

Pada semester 7 dan 8, mahasiswa mencapai tahap aplikasi praktis dan penelitian dalam peminatan mereka. Pada tahap ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk terjun langsung ke dalam industri dan fokus pada pengembangan kemampuan penelitian desain. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk mempersonalisasi jalur pendidikan mereka sesuai dengan minat dan tujuan karir masing-masing. Puncak dari peminatan ini diwujudkan dalam karya Tugas Akhir, yang diharapkan dapat mengintegrasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama studi dalam sebuah proyek komprehensif, yang menunjukkan kematangan akademis dan profesionalisme mahasiswa.

Semester 1

1804Z014 COMMUNICATIVE ENGLISH 2SKS
1804B014 ESTETIKA 2SKS
1804B013 KREATIVITAS 3SKS
1804B012 MONOCHROMATIC DRAWING 4SKS
1804B011 BASIC OF ART 4SKS
1804Z012 MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI 3SKS
1804Z013 LITERASI DIGITAL 2SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 2

1804Z002 PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 3SKS
1804B021 3D ARTWORK 4SKS
1804B022 COLORED DRAWING 4SKS
1804B023 PROSES KOMUNIKASI 3SKS
1804B024 PSIKOLOGI PERSEPSI 3SKS
Total SKS Wajib 17SKS

Semester 3

1804B036 FOTOGRAFI 2SKS
1800B001 BAHASA INDONESIA AKADEMIK 2SKS
1804B035 TYPEFACE 2SKS
1804B031 DKV ESENSIAL 6SKS
1804B032 SEMIOTIKA VISUAL 3SKS
1804B033 SEJARAH DESAIN 2SKS
1804B034 ILUSTRASI DASAR 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 4

1804B043 SOSIOLOGI DESAIN 2SKS
1804B046 SINEMATOGRAFI 2SKS
1804B047 BAHASA RUPA 3SKS
1804B044 ILUSTRASI KONSEPTUAL 2SKS
1804B045 TIPOGRAFI 2SKS
1804B041 DKV NARATIF 6SKS
1804B042 NARASI VISUAL 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 5

1804B051 DKV PERSUASI 6SKS
1804B052 STATISTIKA DESAIN 2SKS
1804B053 STORYTELLING DAN GAMIFIKASI 4SKS
1804B054 DESIGN FOR SOCIAL INNOVATION 2SKS
1804B055 METODOLOGI PENELITIAN DESAIN 2SKS
1804B056 FLICK PRODUCTION 3SKS
Total SKS Wajib 19SKS

Semester 6

1804B065 SPECULATIVE DESIGN 2SKS
1804B064 ADVERTISING 3SKS
1804B061 DKV INOVATIF 6SKS
1804B062 SUSTAINABLE DESIGN 3SKS
1804B063 BISNIS DESAIN 3SKS
Total SKS Wajib 17SKS

Semester 7

1804B071 RISET DESAIN 4SKS
1804B072 KERJA PRAKTIK 3SKS
Total SKS Wajib 7SKS

Semester 8

1804B081 TUGAS AKHIR 6SKS
Total SKS Wajib 6SKS

Mata Kuliah Pilihan

1804B105 CHARACTER DESIGN 3SKS
1001C002 PRAKTIK RISET LAPANGAN 6SKS
1001C003 COMMUNITY LEADERSHIP 6SKS
1001C004 DISASTER RESILIENCE 6SKS
1001C005 HUMANITY AWARENESS INITIATIVE 6SKS
1804B110 CULTURAL STUDIES 3SKS
1804B109 SOFT PRODUCT DESIGN 3SKS
1804B108 PRODUCT EXHIBITION MANAGEMENT 3SKS
1804B107 RAGAM HIAS 3SKS
1804B106 TRANSPORTATION STYLING 3SKS
1001C001 START UP BUSINESS DEVELOPMENT 6SKS
1804B104 GAME ASSETS DESIGN 3SKS
1804B103 TOYS DESIGN 3SKS
1804B102 VISUAL MERCHANDISING 3SKS
1804B101 PACKAGING DESIGN 3SKS
1001C009 INFORMATION RETRIEVAL 3SKS
1001C008 INNOVATIVE PRODUCT DEVELOPMENT 6SKS
1001C007 SOCIAL ENTREPRENEURSHIP AND INNOVATION 6SKS

  • Mahasiswa mampu mempresentasikan proses desain komunikasi visual dalam bentuk laporan desain dan visualisasi karya.
  • Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan masyarakat dan fenomena desain terkini, untuk dapat menemukan inovasi komunikasi visual.
  • Mahasiswa mampu menilai dan mengevaluasi karya desain komunikasi visual meliputi strategi media, narasi visual, efektivitas pesan, dan Hak Kekayaan Intelektual.
  • Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, berkolaborasi, memimpin, dan mengorganisir proyek desain dalam proses produksi media komunikasi visual yang didasari oleh etika keprofesian.
  • Mahasiswa mampu merancang strategi pemasaran serta mengaplikasikan ke dalam media komunikasi visual.
  • Mahasiswa memahami berbagai metodologi desain dan dapat memilih sesuai dengan proses desain komunikasi visual yang akan dikerjakan.
  • Mahasiswa memahami dan mengaplikasikan dasar prinsip ekonomi dan membuat rancangan anggaran biaya.
  • Mahasiswa memahami metode riset untuk diaplikasikan dalam mencari data dan/atau menguji elemen dan prinsip desain yang menunjang proses desain.
  • Mahasiswa memahami prinsip desain untuk diaplikasikan dalam proses desain komunikasi visual yang ditunjang dengan narasi visual.
  • Mahasiswa mengerti proses produksi media komunikasi visual, memahami cara penggunaan perangkat dan teknologi yang relevan dalam proses desain meliputi pengolahan audio dan visual.

  • Laboratorium Computer Aided Design
  • Laboratorium Fotografi
  • Studio Desain Interaksi
  • Studio Gambar Manual

  • 1 Apotek
  • 1 Lapangan Futsal
  • 1 Lapangan Sepak Bola
  • 1 wall climbing
  • 100+ Organisasi kemahasiswaan
  • 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
  • 2 lapangan bulu tangkis
  • 2 Lapangan voli
  • 2 Poli Gigi
  • 2 Poli Umum
  • 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
  • 3.000 space parkir mobil
  • 4.000 space parkir sepeda motor
  • 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
  • ATM
  • Kantin dan swalayan
  • Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
  • Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
  • Wifi hot spots

  • Animator
  • Art Consultant
  • Art Director
  • Content Creator
  • Entrepreneur
  • Event Organizer
  • Graphic Designer
  • Illustrator
  • Lecturer
  • Marketing
  • UI/UX Designer

Navigasi


Daftar Online