Tentang Program
Dalam era digital dan media sosial, konten visual yang menarik dan mudah dipahami sudah menjadi keharusan, Desain Komunikasi Visual (DKV) Ubaya hadir untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin mengharapkan desain visual berkualitas agar pesan dapat disampaikan dengan jelas dan menarik melalui berbagai media visual. n DKV Ubaya memiliki keunggulan dalam pengajaran dan penerapan konsep storytelling dalam desain visual. Mahasiswa DKV Ubaya diajarkan cara menggunakan elemen desain seperti komposisi, warna, tipografi, dan ilustrasi untuk menciptakan cerita yang menarik dan berkesan.
Mahasiswa juga diajarkan untuk memahami audiens, seperti masyarakat umum, klien, pengguna potensial, atau kelompok target spesifik tergantung pada konteks desain visual yang ditujukan, dan menggabungkan aspek psikologi komunikasi, prinsip desain, teknik komunikasi, dan teknologi digital dalam desain. Hal ini memungkinkan lulusan DKV Ubaya menjadi narator visual yang tidak hanya kuat dan mampu menyampaikan pesan secara efektif melalui media visual, namun juga mampu mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam menciptakan karya visual yang berpengaruh. n DKV Ubaya juga menyediakan lingkungan pembelajaran yang baik dengan fasilitas dan sumber daya yang memadai untuk mengeksplorasi kreativitas dan membuka peluang kolaborasi antar mahasiswa.
Visi Misi
Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam membentuk creativepreneurship yang berkualitas dan berwawasan global melalui Desain Komunikasi Visual untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri
Misi
- Mengembangkan bakat creativepreneurship yang unggul melalui pendekatan Desain Komunikasi Visual yang berkualitas, berorientasi pada standar global, dan relevan dengan kebutuhan bisnis dan industri.
- Menyediakan pendidikan yang berfokus pada pengembangan pemikiran kreatif, keterampilan desain, dan kewirausahaan, sehingga lulusan siap untuk berperan aktif dalam memajukan masyarakat bisnis dan industri.
- Mendorong kolaborasi lintas disiplin ilmu dan kerja sama dengan industri serta komunitas lokal dan internasional, untuk memperluas wawasan global mahasiswa dan mendukung inovasi dalam Desain Komunikasi Visual.
- Memberikan pemahaman mendalam tentang penggunaan teknologi terbaru dan tren dalam industri kreatif, sehingga lulusan dapat menjadi pemimpin dalam menghadapi tantangan masa depan.
- Memberikan dampak positif pada masyarakat dan ekonomi dengan melahirkan lulusan yang kreatif, berintegritas, dan berdaya saing tinggi di pasar global.
Detail Program
Nama Program | Desain Komunikasi Visual (Terakreditasi Sementara) |
Gelar | - S.Ds. |
Durasi | 4 tahun |
Syarat | SMA IPA, IPS dan SMK yang relevan |
Lokasi Kampus | Kampus Tenggilis |
Fakultas | Fakultas Industri Kreatif |
Fasilitas |
Laboratorium Computer Aided Design Laboratorium Fotografi Studio Desain Interaksi Studio Gambar Manual 1 Apotek |
Kontak |
Telepon: +62 31 298 1193 Fax: - Email: fik@unit.ubaya.ac.id Website: https://industrikreatif.ubaya.ac.id/visual-communication-design/ |
Bidang Kerja |
Animator Art Consultant Art Director Content Creator Entrepreneur Selengkapnya ... |
Kurikulum
Semester 1 dan 2, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar estetika, kreativitas, serta mengeksplorasi prinsip-prinsip desain yang diterapkan dalam mata kuliah Monochrome Drawing, Colored Drawing, Basics of Art, dan 3D Artwork. Selain itu, mahasiswa akan menjalani pembelajaran pengembangan diri. Pengetahuan dasar ini dilengkapi dengan pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan spiritual yang akan membentuk fondasi pengembangan kemampuan desain dan kemampuan berpikir kritis dalam awal perjalanan karir profesional.
Pada semester 3 dan 4, mahasiswa akan mulai memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai aspek desain. Mata kuliah yang dirancang secara khusus akan mengasah kemampuan mahasiswa dalam menciptakan dan merealisasikan ide-ide desain yang inovatif. Melalui mata kuliah seperti ilustrasi, tipografi, dan fotografi, mahasiswa tidak hanya akan mengembangkan keterampilan teknis mereka tetapi juga mengeksplorasi minat dan bakat mereka lebih lanjut. Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi desainer yang kreatif dan kompeten di dunia industri kreatif.
Pada semester 5 dan 6, mahasiswa diajak untuk mengembangkan pemahaman mendalam tentang desain dan pemasaran. Mereka akan memperkuat kemampuan dalam menciptakan dan memasarkan produk dengan pembekalan analisis data dalam konteks desain, mengembangkan pendekatan ilmiah dalam desain, serta mendalami aspek historis dan sosial. Selain itu, mahasiswa akan belajar mengembangkan pemikiran bisnis, memahami pentingnya keberlanjutan, mengeksplorasi aspek komersial, dan merancang strategi promosi yang efektif. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam industri kreatif yang kompetitif.
Pada semester 7 dan 8, mahasiswa mencapai tahap aplikasi praktis dan penelitian dalam peminatan mereka. Pada tahap ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk terjun langsung ke dalam industri dan fokus pada pengembangan kemampuan penelitian desain. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk mempersonalisasi jalur pendidikan mereka sesuai dengan minat dan tujuan karir masing-masing. Puncak dari peminatan ini diwujudkan dalam karya Tugas Akhir, yang diharapkan dapat mengintegrasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama studi dalam sebuah proyek komprehensif, yang menunjukkan kematangan akademis dan profesionalisme mahasiswa.
Semester 1
1804Z014 | COMMUNICATIVE ENGLISH | 2SKS |
1804B014 | ESTETIKA | 2SKS |
1804B013 | KREATIVITAS | 3SKS |
1804B012 | MONOCHROMATIC DRAWING | 4SKS |
1804B011 | BASIC OF ART | 4SKS |
1804Z012 | MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI | 3SKS |
1804Z013 | LITERASI DIGITAL | 2SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 2
1804Z002 | PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN | 3SKS |
1804B021 | 3D ARTWORK | 4SKS |
1804B022 | COLORED DRAWING | 4SKS |
1804B023 | PROSES KOMUNIKASI | 3SKS |
1804B024 | PSIKOLOGI PERSEPSI | 3SKS |
Total SKS Wajib | 17SKS |
Semester 3
1804B036 | FOTOGRAFI | 2SKS |
1800B001 | BAHASA INDONESIA AKADEMIK | 2SKS |
1804B035 | TYPEFACE | 2SKS |
1804B031 | DKV ESENSIAL | 6SKS |
1804B032 | SEMIOTIKA VISUAL | 3SKS |
1804B033 | SEJARAH DESAIN | 2SKS |
1804B034 | ILUSTRASI DASAR | 3SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 4
1804B043 | SOSIOLOGI DESAIN | 2SKS |
1804B046 | SINEMATOGRAFI | 2SKS |
1804B047 | BAHASA RUPA | 3SKS |
1804B044 | ILUSTRASI KONSEPTUAL | 2SKS |
1804B045 | TIPOGRAFI | 2SKS |
1804B041 | DKV NARATIF | 6SKS |
1804B042 | NARASI VISUAL | 3SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 5
1804B051 | DKV PERSUASI | 6SKS |
1804B052 | STATISTIKA DESAIN | 2SKS |
1804B053 | STORYTELLING DAN GAMIFIKASI | 4SKS |
1804B054 | DESIGN FOR SOCIAL INNOVATION | 2SKS |
1804B055 | METODOLOGI PENELITIAN DESAIN | 2SKS |
1804B056 | FLICK PRODUCTION | 3SKS |
Total SKS Wajib | 19SKS |
Semester 6
1804B065 | SPECULATIVE DESIGN | 2SKS |
1804B064 | ADVERTISING | 3SKS |
1804B061 | DKV INOVATIF | 6SKS |
1804B062 | SUSTAINABLE DESIGN | 3SKS |
1804B063 | BISNIS DESAIN | 3SKS |
Total SKS Wajib | 17SKS |
Semester 7
1804B071 | RISET DESAIN | 4SKS |
1804B072 | KERJA PRAKTIK | 3SKS |
Total SKS Wajib | 7SKS |
Semester 8
1804B081 | TUGAS AKHIR | 6SKS |
Total SKS Wajib | 6SKS |
Mata Kuliah Pilihan
1804B105 | CHARACTER DESIGN | 3SKS |
1001C002 | PRAKTIK RISET LAPANGAN | 6SKS |
1001C003 | COMMUNITY LEADERSHIP | 6SKS |
1001C004 | DISASTER RESILIENCE | 6SKS |
1001C005 | HUMANITY AWARENESS INITIATIVE | 6SKS |
1804B110 | CULTURAL STUDIES | 3SKS |
1804B109 | SOFT PRODUCT DESIGN | 3SKS |
1804B108 | PRODUCT EXHIBITION MANAGEMENT | 3SKS |
1804B107 | RAGAM HIAS | 3SKS |
1804B106 | TRANSPORTATION STYLING | 3SKS |
1001C001 | START UP BUSINESS DEVELOPMENT | 6SKS |
1804B104 | GAME ASSETS DESIGN | 3SKS |
1804B103 | TOYS DESIGN | 3SKS |
1804B102 | VISUAL MERCHANDISING | 3SKS |
1804B101 | PACKAGING DESIGN | 3SKS |
1001C009 | INFORMATION RETRIEVAL | 3SKS |
1001C008 | INNOVATIVE PRODUCT DEVELOPMENT | 6SKS |
1001C007 | SOCIAL ENTREPRENEURSHIP AND INNOVATION | 6SKS |
Kompetensi Lulusan
- Mahasiswa mampu mempresentasikan proses desain komunikasi visual dalam bentuk laporan desain dan visualisasi karya.
- Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan masyarakat dan fenomena desain terkini, untuk dapat menemukan inovasi komunikasi visual.
- Mahasiswa mampu menilai dan mengevaluasi karya desain komunikasi visual meliputi strategi media, narasi visual, efektivitas pesan, dan Hak Kekayaan Intelektual.
- Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, berkolaborasi, memimpin, dan mengorganisir proyek desain dalam proses produksi media komunikasi visual yang didasari oleh etika keprofesian.
- Mahasiswa mampu merancang strategi pemasaran serta mengaplikasikan ke dalam media komunikasi visual.
- Mahasiswa memahami berbagai metodologi desain dan dapat memilih sesuai dengan proses desain komunikasi visual yang akan dikerjakan.
- Mahasiswa memahami dan mengaplikasikan dasar prinsip ekonomi dan membuat rancangan anggaran biaya.
- Mahasiswa memahami metode riset untuk diaplikasikan dalam mencari data dan/atau menguji elemen dan prinsip desain yang menunjang proses desain.
- Mahasiswa memahami prinsip desain untuk diaplikasikan dalam proses desain komunikasi visual yang ditunjang dengan narasi visual.
- Mahasiswa mengerti proses produksi media komunikasi visual, memahami cara penggunaan perangkat dan teknologi yang relevan dalam proses desain meliputi pengolahan audio dan visual.
Fasilitas Program Studi
- Laboratorium Computer Aided Design
- Laboratorium Fotografi
- Studio Desain Interaksi
- Studio Gambar Manual
Fasilitas Universitas Surabaya
- 1 Apotek
- 1 Lapangan Futsal
- 1 Lapangan Sepak Bola
- 1 wall climbing
- 100+ Organisasi kemahasiswaan
- 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
- 2 lapangan bulu tangkis
- 2 Lapangan voli
- 2 Poli Gigi
- 2 Poli Umum
- 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
- 3.000 space parkir mobil
- 4.000 space parkir sepeda motor
- 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
- ATM
- Kantin dan swalayan
- Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
- Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
- Wifi hot spots
Bidang Kerja
- Animator
- Art Consultant
- Art Director
- Content Creator
- Entrepreneur
- Event Organizer
- Graphic Designer
- Illustrator
- Lecturer
- Marketing
- UI/UX Designer
Navigasi
Daftar Online