Tentang Program
Program Desain dan Manajemen Produk (DMP) merupakan program inovatif yang menggabungkan prinsip-prinsip desain produk industri dengan manajemen produk untuk menciptakan solusi atau melihat peluang desian produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Program ini dirancang untuk menanggapi dinamika sosial yang terus berubah, dengan mempersiapkan mahasiswa dalam menghasilkan produk yang estetis, fungsional, dan siap untuk dipasarkan dan dijual. DMP memiliki pendekatan multidisiplin, dengan membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang produk yang memenuhi standar estetika, ergonomi, produksi, dan keberlanjutan, sambil memastikan bahwa aspek-aspek seperti identitas visual dan komunikasi pemasaran diperhitungkan untuk keberhasilan di pasar global.
Semester 1 dan 2, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar estetika, kreativitas, serta mengeksplorasi prinsip-prinsip desain yang diterapkan dalam mata kuliah Gambar Bentuk dan Rupa Dasar. Selain itu, mahasiswa akan menjalani pembelajaran pengembangan diri. Pengetahuan dasar ini dilengkapi dengan pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan spiritual yang akan membentuk fondasi pengembangan kemampuan desain dan kemampuan berpikir kritis dalam awal perjalanan karir profesional.
Semester 3 dan 4, mahasiswa mulai memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang desain. Mata kuliah dirancang untuk mengasah kemampuan mahasiswa untuk menciptakan dan merealisasikan ide desain. Selain itu diperdalam pemahaman tentang material dan konstruksi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang diterapkan melalui Computer Aided Design dan prinsip-prinsip rekayasa. Keahlian di level ini ditambahkan pengetahuan Desain Grafis dan Digital Marketing untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan pasar global.
Semester 5 dan 6, mahasiswa diajak untuk mengembangkan pemahaman tentang desain dan pemasaran, yaitu memperkuat kemampuan dalam menciptakan dan memasarkan produk dengan pembekalan analisis data dalam konteks desain, pengembangan pendekatan ilmiah dalam desain, pendalaman aspek historis dan sosial, pengembangan pemikiran bisnis, penekanan pentingnya keberlanjutan, eksplorasi aspek komersial, dan strategi promosi.
Semester 7 dan 8, mahasiswa mencapai tahap aplikasi praktis dan penelitian dalam peminatan mereka, yaitu melalui kesempatan untuk terjun langsung dalam industri, dan fokus pada pengembangan kemampuan penelitian desain. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk melakukan personalisasi jalur pendidikan sesuai dengan minat dan tujuan karir masing-masing. Puncak peminatan dituangkan dalam karya Tugas Akhir yang diharapkan dapat mengintegrasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam sebuah proyek komprehensif yang menunjukkan kematangan akademis dan profesionalisme.
Program DMP memadukan teori dan praktik untuk membentuk kompetensi lulusan yang siap menghadapi tantangan nyata. Pembelajaran interaktif melalui tatap muka, tugas berbasis proyek, dan pengalaman laboratorium memastikan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif. Fasilitas seperti Studio Gambar Manual, Laboratorium Protomodel, Laboratorium Computer Aided Design (CAD), Laboratorium Fotografi, Laboratorium Desain Interaksi, Laboratorium Kulit, dan Laboratorium Ergonomi menunjang proses pembelajaran. Pengajar yang merupakan ahli di bidangnya, dengan gelar master dan doktor dari universitas terkemuka, memberikan wawasan relevan dengan industri desain dan manajemen produk, menyiapkan lulusan untuk menjadi pemimpin inovatif di masa depan.
Visi Misi
Visi
Visi Program Studio Desain Produk UBAYA adalah menjadi Program Studi Desain Produk yang unggul dalam pengembangan bakat-bakat creative-preneurship berwawasan global di bidang desain produk untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.
Misi
- Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang desain produk dengan mengintegrasikan sains, teknologi, sosial budaya, dan humaniora, melalui pengembangan potensi desain berbasis budaya lokal yang berwawasan global.
- Menyinergikan dan menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi insan creativepreneur untuk menghasilkan karya desain dan manajemen produk serta layanan Tridharma Perguruan Tinggi yang mampu berkontribusi bagi masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.
- Menghasilkan lulusan pendidikan tinggi di bidang desain produk berbasis kreativitas dan entrepreneur untuk mendukung daya saing ekonomi kreatif nasional.
- Menjalin kerjasama dengan para stakeholder di tingkat nasional dan internasional yang menciptakan mutual benefits bagi seluruh pihak.
Detail Program
Nama Program | Desain & Manajemen Produk (Terakreditasi A) |
Gelar | Sarjana Desain - S.Ds. |
Durasi | 4 tahun |
Syarat | SMA IPA, IPS dan SMK yang relevan |
Lokasi Kampus | Kampus Tenggilis |
Fakultas | Fakultas Industri Kreatif |
Fasilitas |
Laboratorium Computer Aided Design (CAD) Laboratorium Desain Interaksi Laboratorium Ergonomi Laboratorium Fotografi Laboratorium Kulit Selengkapnya ... |
Kontak |
Telepon: +62 31 298 1193 Fax: - Email: fik@unit.ubaya.ac.id Website: https://industrikreatif.ubaya.ac.id/product-design-management/ |
Bidang Kerja |
Brand Manager Design Entrepreneur Graphic Designer Market Researcher Model Maker Selengkapnya ... |
Kurikulum
Program Desain dan Manajemen Produk (DMP) merupakan program inovatif yang menggabungkan prinsip-prinsip desain produk industri dengan manajemen produk untuk menciptakan solusi atau melihat peluang desian produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Program ini dirancang untuk menanggapi dinamika sosial yang terus berubah, dengan mempersiapkan mahasiswa dalam menghasilkan produk yang estetis, fungsional, dan siap untuk dipasarkan dan dijual. DMP memiliki pendekatan multidisiplin, dengan membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang produk yang memenuhi standar estetika, ergonomi, produksi, dan keberlanjutan, sambil memastikan bahwa aspek-aspek seperti identitas visual dan komunikasi pemasaran diperhitungkan untuk keberhasilan di pasar global.
Semester 1 dan 2, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar estetika, kreativitas, serta mengeksplorasi prinsip-prinsip desain yang diterapkan dalam mata kuliah Gambar Bentuk dan Rupa Dasar. Selain itu, mahasiswa akan menjalani pembelajaran pengembangan diri. Pengetahuan dasar ini dilengkapi dengan pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan spiritual yang akan membentuk fondasi pengembangan kemampuan desain dan kemampuan berpikir kritis dalam awal perjalanan karir profesional.
Semester 3 dan 4, mahasiswa mulai memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang desain. Mata kuliah dirancang untuk mengasah kemampuan mahasiswa untuk menciptakan dan merealisasikan ide desain. Selain itu diperdalam pemahaman tentang material dan konstruksi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang diterapkan melalui Computer Aided Design dan prinsip-prinsip rekayasa. Keahlian di level ini ditambahkan pengetahuan Desain Grafis dan Digital Marketing untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan pasar global.
Semester 5 dan 6, mahasiswa diajak untuk mengembangkan pemahaman tentang desain dan pemasaran, yaitu memperkuat kemampuan dalam menciptakan dan memasarkan produk dengan pembekalan analisis data dalam konteks desain, pengembangan pendekatan ilmiah dalam desain, pendalaman aspek historis dan sosial, pengembangan pemikiran bisnis, penekanan pentingnya keberlanjutan, eksplorasi aspek komersial, dan strategi promosi.
Semester 7 dan 8, mahasiswa mencapai tahap aplikasi praktis dan penelitian dalam peminatan mereka, yaitu melalui kesempatan untuk terjun langsung dalam industri, dan fokus pada pengembangan kemampuan penelitian desain. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk melakukan personalisasi jalur pendidikan sesuai dengan minat dan tujuan karir masing-masing. Puncak peminatan dituangkan dalam karya Tugas Akhir yang diharapkan dapat mengintegrasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam sebuah proyek komprehensif yang menunjukkan kematangan akademis dan profesionalisme.
Program DMP memadukan teori dan praktik untuk membentuk kompetensi lulusan yang siap menghadapi tantangan nyata. Pembelajaran interaktif melalui tatap muka, tugas berbasis proyek, dan pengalaman laboratorium memastikan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif. Fasilitas seperti Studio Gambar Manual, Laboratorium Protomodel, Laboratorium Computer Aided Design (CAD), Laboratorium Fotografi, Laboratorium Desain Interaksi, Laboratorium Kulit, dan Laboratorium Ergonomi menunjang proses pembelajaran. Pengajar yang merupakan ahli di bidangnya, dengan gelar master dan doktor dari universitas terkemuka, memberikan wawasan relevan dengan industri desain dan manajemen produk, menyiapkan lulusan untuk menjadi pemimpin inovatif di masa depan.
Semester 1
1801B011 | GAMBAR BENTUK I | 4SKS |
1801B012 | RUPA DASAR I | 4SKS |
1801B013 | KREATIVITAS | 3SKS |
1801B014 | ESTETIKA | 2SKS |
1801Z012 | MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI | 3SKS |
1801Z013 | LITERASI DIGITAL | 2SKS |
1801Z014 | COMMUNICATIVE ENGLISH | 2SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 2
1801Z002 | PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN | 3SKS |
1801B021 | GAMBAR BENTUK II | 4SKS |
1801B022 | RUPA DASAR II | 4SKS |
1801B023 | ERGONOMI DESAIN | 3SKS |
1801B024 | GAMBAR TEKNIK | 3SKS |
Total SKS Wajib | 17SKS |
Semester 3
1800B001 | BAHASA INDONESIA AKADEMIK | 2SKS |
1801B035 | CONSTRUCT MATERIALS | 3SKS |
1801B034 | MODEL MAKING | 3SKS |
1801B033 | DESAIN PRODUK I | 6SKS |
1801B032 | DIGITAL MODELING | 3SKS |
1801B031 | SEMANTIKA PRODUK | 2SKS |
Total SKS Wajib | 19SKS |
Semester 4
1801B041 | DESAIN GRAFIS | 3SKS |
1801B042 | DESAIN PRODUK II | 6SKS |
1801B043 | FILLER MATERIALS | 2SKS |
1801B044 | COMPUTER AIDED DESIGN | 3SKS |
1801B045 | PRINSIP REKAYASA PRODUK | 3SKS |
1801B046 | DIGITAL MARKETING | 2SKS |
Total SKS Wajib | 19SKS |
Semester 5
1801B054 | PRODUCT PRESENTATION | 3SKS |
1801B057 | SOSIOLOGI DESAIN | 2SKS |
1801B055 | METODOLOGI PENELITIAN DESAIN | 2SKS |
1801B056 | SEJARAH DESAIN | 2SKS |
1801B051 | STATISTIKA DESAIN | 2SKS |
1801B052 | DESAIN PRODUK III | 6SKS |
1801B053 | BRANDING STRATEGY | 3SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 6
1801B061 | SUSTAINABLE DESIGN | 3SKS |
1801B062 | BISNIS DESAIN | 3SKS |
1801B063 | DESAIN PRODUK IV | 6SKS |
1801B064 | ADVERTISING | 3SKS |
1801B065 | FOTOGRAFI | 2SKS |
1301Z001 | KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI | 3SKS |
Total SKS Wajib | 20SKS |
Semester 7
1801B071 | KERJA PRAKTIK | 3SKS |
1801B072 | RISET DESAIN | 4SKS |
Total SKS Wajib | 7SKS |
Semester 8
1801B081 | TUGAS AKHIR | 6SKS |
Total SKS Wajib | 6SKS |
Mata Kuliah Pilihan
1803B102 | SOFT PRODUCT DESIGN | 3SKS |
1801B108 | PRODUCT EXHIBITION MANAGEMENT | 3SKS |
1801B107 | RAGAM HIAS | 3SKS |
1801B106 | TRANSPORTATION STYLING | 3SKS |
1801B105 | CHARACTER DESIGN | 3SKS |
1801B104 | SPECULATIVE DESIGN | 3SKS |
1801B103 | TOYS DESIGN | 3SKS |
1801B102 | VISUAL MERCHANDISING | 3SKS |
1801B101 | PACKAGING DESIGN | 3SKS |
Kompetensi Lulusan
- Mampu memimpin dan mengorganisir proyek desain dan proses produksi dalam skala kecil
- Mampu mempresentasikan proses desain dan manajemen produk, dalam bentuk laporan desain dan visualisasi produk
- Mampu menganalisis interaksi masyarakat dan produk eksis, untuk dapat menemukan inovasi produk
- Mampu menilai dan mengevaluasi produk dalam strategi launching produk, manajemen produk, dan market testing
- Mampu merancang strategi pemasaran produk dengan media komunikasi visual
- Memahami berbagai metodologi desain dan dapat memilih sesuai dengan proses desain produk yang akan dikerjakan
- Memahami dan mengaplikasikan dasar prinsip ekonomi dan membuat rancangan anggaran biaya
- Memahami konsep desain untuk diaplikasikan dalam proses desain produk yang ditunjang dengan aspek desain
- Memahami metode riset untuk diaplikasikan dalam mencari data dan/atau menguji aspek desain yang menunjang proses desain
- Mengerti proses produksi skala besar, memahami cara penggunaan peralatan produksi skala industri kecil
Fasilitas Program Studi
- Laboratorium Computer Aided Design (CAD)
- Laboratorium Desain Interaksi
- Laboratorium Ergonomi
- Laboratorium Fotografi
- Laboratorium Kulit
- Laboratorium Protomodel
- Studio Gambar Manual
Fasilitas Universitas Surabaya
- 1 Apotek
- 1 Lapangan Futsal
- 1 Lapangan Sepak Bola
- 1 wall climbing
- 100+ Organisasi kemahasiswaan
- 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
- 2 lapangan bulu tangkis
- 2 Lapangan voli
- 2 Poli Gigi
- 2 Poli Umum
- 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
- 3.000 space parkir mobil
- 4.000 space parkir sepeda motor
- 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
- ATM
- Kantin dan swalayan
- Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
- Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
- Wifi hot spots
Bidang Kerja
- Brand Manager
- Design Entrepreneur
- Graphic Designer
- Market Researcher
- Model Maker
- Product Designer
- Project Manager
- Visual Merchandiser
Prestasi
2024 |
Penghargaan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-5 dalam kategori Consumer Life-style Oriented Design Solution Perancangan 3in1 Stroller Multifungsi sebagai penerapan Repurpose dan Circular Life Cycle oleh Audry Zavelia Marlett |
2024 |
Penghargaan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-5 dalam kategori Design Solution with Cultural-awarenes Ceramic accessories for the symbol of Pua Kumbu and Pucuk Pakis oleh Misa Zuriney Anak Minggu, mahasiswa Desain dan Manajemen Produk |
2023 | 2nd Place and Gold Medal in Mixed Choir Open Category 10th A Voyage of Songs International Choral Competition 2023 |
2023 |
Juara 1 dalam DSTART Art Competition The Beauty of Cultural Heritage oleh Kezia Jennifer, Lorenza Michelle, dan Elizabeth patricia |
2023 | Juara 1 Poster DSTART 2023 Art Competition |
2023 | Juara 1 Wushu Indonesia Martial Art Games |
Navigasi
Daftar Online