Tentang Program

Desain dan Manajemen Produk adalah program yang menyinergikan keilmuan industrial design dan manajemen produk termasuk di dalamnya desain komunikasi. Penyelenggaraan Program Studi Desain dan Manajemen Produk bertujuan untuk menjawab fenomena yang terjadi yaitu suatu produk dapat diterima dan mampu bersaing di pasar jika produk tersebut mempunyai desain yang inovatif dan juga didukung oleh manajemen produk yang tepat. Untuk dapat bersaing di pasar, desain yang inovatif tentu dibutuhkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek demografi, fungsi, kegiatan, prosedur operasi, product value, ergonomi dan safety, rupa, estetika, rekayasa, teknologi, bahan, produksi, ekonomi, psikologi, lingkungan hidup, unjuk kerja, hukum dan aturan, kesehatan, HaKI, perlindungan konsumen, klasifikasi produk, pembakuan, jumlah produk, sejarah dan kronologi, serta sosial budaya. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga akan mempengaruhi suatu produk ini dapat diterima dan unggul di pasar seperti waktu peluncuran produk, kapan produk yang lama harus diganti dengan yang baru, variasi apa yang bisa dilakukan pada produk, harga jual produk, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, manajemen produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk selain desain yang inovatif. Program studi Desain dan Manajemen Produk membekali mahasiswa dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan industrial design sehingga mampu merancang suatu produk yang nyaman dan memenuhi aspek estetika untuk diproduksi secara masal. Mata kuliah pada keilmuan manajemen produk diberikan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat merancang dan mengevaluasi peluncuran produk ke pasar serta merancang upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Sedangkan untuk bisa meningkatkan nilai produk dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung seperti kemasan dan iklan, mahasiswa dibekali dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan desain komunikasi. Lulusan dari program studi Desain dan Manajemen Produk diharapkan mampu melakukan perancangan dan pengembangan produk secara manual dan terkomputerisasi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek secara komprehensif mulai dari awal sampai akhir siklus proses serta mampu melakukan manajemen produk mulai mendefinisikan produk baru, membawa produk ke pasar, sampai merancang keberlanjutan produk sehingga menghasilkan keuntungan. Produk yang didesain pada program studi Desain dan Manajemen Produk adalah produk- produk yang dipakai secara luas oleh masyarakat atau consumer products seperti peralatan rumah tangga, furnitur, peralatan kesehatan, alat transportasi, peralatan pendidikan, mainan, peralatan olah raga, dan produk lain yang sejenis. Untuk membentuk kompetensi lulusan tersebut, pembelajaran pada program studi Desain dan Manajemen Produk dilaksanakan melalui perpaduan antara teori dan praktek. Selain melakukan pembelajaran dengan tatap muka, pembelajaran juga dilakukan berbasiskan proyek, dan juga berbasiskan laboratorium. Fasilitas studio dan laboratorium yang tersedia dalam menunjang pembelajaran di program studi Desain dan Manajemen Produk adalah Studio Gambar Manual, Laboratorium Pengembangan Produk, Laboratorium Computer Aided Design/ Manufacturing/Engineering, Laboratorium Pemodelan, Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi, Teaching Industry, Laboratorium Pengetahuan Bahan Teknik, Laboratorium Proses Manufaktur dan Laboratorium Fotografi. Semua pengajar pada program studi Desain dan Manajemen Produk mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang desain dan manajemen produk. Selain itu para pengajar ini juga merupakan sarjana, master, atau doktor dari berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri.

Visi & Misi Program

Visi

to be excellent faculty in developing talents to become qualified,insightful and worldclass creativepreneurships though design approach

Misi

menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi sebagai pendukung dunia bisnis dan industri dengan mengedepankan pemutakhiran teknologi, manajemen yang profesional dan keunggulan kreatif.

Nama Program Desain & Manajemen Produk (Terakreditasi)
Gelar Sarjana Desain (S. Ds.)
Durasi 4 tahun
Syarat SMA IPA, IPS dan SMK yang relevan
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Industri Kreatif
Fasilitas
  • Laboratorium Computer Aided Design + Software
  • Laboratorium Fotografi
  • Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi
  • Laboratorium Proses Manufaktur
  • Laboratorium Prototyping
  • Selengkapnya..
Kontak Telepon +62 31 298 1193
Fax +62 31 298 1192
Email fik@ubaya.ac.id
Bidang Kerja
  • Product brand management
  • Enterpreneur
  • Custom designer
  • Fashion stylist
  • Fashion photographer
  • Selengkapnya..

Desain dan Manajemen Produk adalah program yang menyinergikan keilmuan industrial design dan manajemen produk termasuk di dalamnya desain komunikasi. Penyelenggaraan Program Studi Desain dan Manajemen Produk bertujuan untuk menjawab fenomena yang terjadi yaitu suatu produk dapat diterima dan mampu bersaing di pasar jika produk tersebut mempunyai desain yang inovatif dan juga didukung oleh manajemen produk yang tepat. Untuk dapat bersaing di pasar, desain yang inovatif tentu dibutuhkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek demografi, fungsi, kegiatan, prosedur operasi, product value, ergonomi dan safety, rupa, estetika, rekayasa, teknologi, bahan, produksi, ekonomi, psikologi, lingkungan hidup, unjuk kerja, hukum dan aturan, kesehatan, HaKI, perlindungan konsumen, klasifikasi produk, pembakuan, jumlah produk, sejarah dan kronologi, serta sosial budaya. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga akan mempengaruhi suatu produk ini dapat diterima dan unggul di pasar seperti waktu peluncuran produk, kapan produk yang lama harus diganti dengan yang baru, variasi apa yang bisa dilakukan pada produk, harga jual produk, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, manajemen produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk selain desain yang inovatif. Program studi Desain dan Manajemen Produk membekali mahasiswa dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan industrial design sehingga mampu merancang suatu produk yang nyaman dan memenuhi aspek estetika untuk diproduksi secara masal. Mata kuliah pada keilmuan manajemen produk diberikan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat merancang dan mengevaluasi peluncuran produk ke pasar serta merancang upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Sedangkan untuk bisa meningkatkan nilai produk dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung seperti kemasan dan iklan, mahasiswa dibekali dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan desain komunikasi. Lulusan dari program studi Desain dan Manajemen Produk diharapkan mampu melakukan perancangan dan pengembangan produk secara manual dan terkomputerisasi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek secara komprehensif mulai dari awal sampai akhir siklus proses serta mampu melakukan manajemen produk mulai mendefinisikan produk baru, membawa produk ke pasar, sampai merancang keberlanjutan produk sehingga menghasilkan keuntungan. Produk yang didesain pada program studi Desain dan Manajemen Produk adalah produk- produk yang dipakai secara luas oleh masyarakat atau consumer products seperti peralatan rumah tangga, furnitur, peralatan kesehatan, alat transportasi, peralatan pendidikan, mainan, peralatan olah raga, dan produk lain yang sejenis. Untuk membentuk kompetensi lulusan tersebut, pembelajaran pada program studi Desain dan Manajemen Produk dilaksanakan melalui perpaduan antara teori dan praktek. Selain melakukan pembelajaran dengan tatap muka, pembelajaran juga dilakukan berbasiskan proyek, dan juga berbasiskan laboratorium. Fasilitas studio dan laboratorium yang tersedia dalam menunjang pembelajaran di program studi Desain dan Manajemen Produk adalah Studio Gambar Manual, Laboratorium Pengembangan Produk, Laboratorium Computer Aided Design/ Manufacturing/Engineering, Laboratorium Pemodelan, Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi, Teaching Industry, Laboratorium Pengetahuan Bahan Teknik, Laboratorium Proses Manufaktur dan Laboratorium Fotografi. Semua pengajar pada program studi Desain dan Manajemen Produk mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang desain dan manajemen produk. Selain itu para pengajar ini juga merupakan sarjana, master, atau doktor dari berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri.

Semester 1

81A013 Kreatifitas i 3sks
81A014 Estetika i 2sks
81A011 Gambar bentuk i 4sks
81A015 Sejarah desain 3sks
81A012 Rupa dasar i 4sks
81A016 Statistika desain 3sks
  Total SKS Wajib 19sks

Semester 2

81A021 Gambar bentuk ii 4sks
65B024 Computer aided design 2sks
63B034 Ergonomi industri 3sks
81A022 Rupa dasar ii 4sks
81A023 Kreatifitas ii 3sks
65B013 Menggambar teknik 2sks
81A024 Estetika ii 2sks
  Total SKS Wajib 20sks

 

Semester 3

66B033 Semantika produk 2sks
63B053 Perancangan & pengembangan produk 3sks
66B034 Fenomena alam 3sks
65B035 Proyek gambar teknik 1sks
66B031 Pemodelan 3sks
63B043 Pengetahuan bahan teknik 3sks
66B032 Proyek desain produk i 4sks
  Total SKS Wajib 19sks

Semester 4

81A044 Desain grafis 3sks
81A041 Mekanisme gerak 2sks
81A045 Computer aided industrial design 2sks
63B055 Manajemen pemasaran 2sks
81A042 Proyek desain produk ii 4sks
81A043 Eco desain 2sks
63B044 Proses manufaktur 3sks
  Total SKS Wajib 18sks

 

Semester 5

81A053 Branding strategy 3sks
63B553 Strategi bisnis 2sks
81A054 E-business 2sks
80A501 Bahasa inggris 2sks
81A051 Proyek desain produk iii 5sks
65B064 Pengantar analisis biaya 3sks
81A052 New product management 2sks
  Total SKS Wajib 19sks

Semester 6

80A601 Penulisan dan presentasi ilmiah 3sks
  Total SKS Wajib 3sks

 

Semester 7

81A072 Riset desain 2sks
81A073 Seminar 2sks
0001xA Pendidikan agama 3sks
81A074 Kerja praktek 2sks
81A071 Product life cycle management 2sks
81A075 Etika desain dan haki 2sks
  Total SKS Wajib 13sks

Semester 8

80A801 Kewirausahaan dan inovasi 3sks
81A081 Tugas akhir 6sks
00141A Pancasila dan kewarganegaraan 3sks
  Total SKS Wajib 12sks

 

Mata Kuliah Pilihan

81A210 Customer relation management 3sks
68B043 Animasi 3d 3sks
81A203 Toys design 3sks
65B202 Integrated product design 2sks
63B153 Sistem manajemen mutu iso 9000 2sks
63B023 Teknologi dan lingkungan 2sks
81A214 Packaging design 3sks
81A207 Mekanika teknik 3sks
81A211 Ragam hias 3sks
68B410 Topik khusus desain grafis i 3sks
81A204 Aerospace design 3sks

 

65B205 Value engineering 2sks
81A208 Elemen mesin 3sks
81A201 Furniture design 3sks
81A212 Ergonomi terapan 2sks
81A205 Transportation design 3sks
63B601 Human-centered design 3sks
81A209 Digital prototyping 3sks
68B032 Pemodelan 3d 3sks
81A202 Life style product design 3sks
63B151 Standardisasi 3sks
81A213 Identitas visual produk 3sks
81A206 Sport technology design 3sks

 

Mampu Mengenali permasalahan yang ada, menganalisis permasalahan serta mampu menerjemahkan menjadi konsep desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
mampu menerjemahkan konsep desain menjadi desain produk akhir yang inovatif dengan memperhatikan aspek desain
mampu mempersiapkan dan mengevaluasi launching produk ke masyarakat dan mampu mengevaluasi siklus hidup produk serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di masyarakat.
Laboratorium Computer Aided Design + Software
Laboratorium Fotografi
Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi
Laboratorium Proses Manufaktur
Laboratorium Prototyping
1 Apotek
1 Lapangan Futsal
1 Lapangan Sepak Bola
1 wall climbing
100+ Organisasi kemahasiswaan
2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
2 lapangan bulu tangkis
2 Lapangan voli
2 Poli Gigi
2 Poli Umum
3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
3.000 space parkir mobil
4.000 space parkir sepeda motor
59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
ATM
Kantin dan swalayan
Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
Wifi hot spots
Product brand management
Enterpreneur
Custom designer
Fashion stylist
Fashion photographer
Accessories designer
Fashion design
Boutique owner
Fashion consultant