Desain & Manajemen Produk

Learning Beyond the Classroom

Program Desain dan Manajemen Produk (DMP) merupakan program inovatif yang menggabungkan prinsip-prinsip desain produk industri dengan manajemen produk untuk menciptakan solusi atau melihat peluang desian produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Program ini dirancang untuk menanggapi dinamika sosial yang terus berubah, dengan mempersiapkan mahasiswa dalam menghasilkan produk yang estetis, fungsional, dan siap untuk dipasarkan dan dijual. DMP memiliki pendekatan multidisiplin, dengan membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang produk yang memenuhi standar estetika, ergonomi, produksi, dan keberlanjutan, sambil memastikan bahwa aspek-aspek seperti identitas visual dan komunikasi pemasaran diperhitungkan untuk keberhasilan di pasar global.

Semester 1 dan 2, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar estetika, kreativitas, serta mengeksplorasi prinsip-prinsip desain yang diterapkan dalam mata kuliah Gambar Bentuk dan Rupa Dasar. Selain itu, mahasiswa akan menjalani pembelajaran  pengembangan diri. Pengetahuan dasar ini dilengkapi dengan pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan spiritual yang akan membentuk fondasi pengembangan kemampuan desain dan kemampuan berpikir kritis dalam awal perjalanan karir profesional.

Semester 3 dan 4, mahasiswa mulai memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang desain. Mata kuliah dirancang untuk mengasah kemampuan mahasiswa untuk menciptakan dan merealisasikan ide desain. Selain itu diperdalam pemahaman tentang material dan konstruksi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang diterapkan melalui Computer Aided Design dan prinsip-prinsip rekayasa. Keahlian di level ini ditambahkan pengetahuan Desain Grafis dan Digital Marketing untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan pasar global.

Semester 5 dan 6, mahasiswa diajak untuk mengembangkan pemahaman tentang desain dan pemasaran, yaitu memperkuat kemampuan dalam menciptakan dan memasarkan produk dengan pembekalan analisis data dalam konteks desain, pengembangan pendekatan ilmiah dalam desain, pendalaman aspek historis dan sosial, pengembangan pemikiran bisnis, penekanan pentingnya keberlanjutan, eksplorasi aspek komersial, dan strategi promosi.

Semester 7 dan 8, mahasiswa mencapai tahap aplikasi praktis dan penelitian dalam peminatan mereka, yaitu melalui kesempatan untuk terjun langsung dalam industri, dan fokus pada pengembangan kemampuan penelitian desain. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk melakukan personalisasi jalur pendidikan sesuai dengan minat dan tujuan karir masing-masing. Puncak peminatan dituangkan dalam karya Tugas Akhir yang diharapkan dapat mengintegrasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam sebuah proyek komprehensif yang menunjukkan kematangan akademis dan profesionalisme.

Program DMP memadukan teori dan praktik untuk membentuk kompetensi lulusan yang siap menghadapi tantangan nyata. Pembelajaran interaktif melalui tatap muka, tugas berbasis proyek, dan pengalaman laboratorium memastikan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif. Fasilitas seperti Studio Gambar Manual, Laboratorium Protomodel, Laboratorium Computer Aided Design (CAD), Laboratorium Fotografi, Laboratorium Desain Interaksi, Laboratorium Kulit, dan Laboratorium Ergonomi menunjang proses pembelajaran. Pengajar yang merupakan ahli di bidangnya, dengan gelar master dan doktor dari universitas terkemuka, memberikan wawasan relevan dengan industri desain dan manajemen produk, menyiapkan lulusan untuk menjadi pemimpin inovatif di masa depan.


Visi

Visi Program Studio Desain Produk UBAYA adalah menjadi Program Studi Desain Produk yang unggul dalam pengembangan bakat-bakat creative-preneurship berwawasan global di bidang desain produk untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di bidang desain produk dengan mengintegrasikan sains, teknologi, sosial budaya, dan humaniora, melalui pengembangan potensi desain berbasis budaya lokal yang berwawasan global.
  2. Menyinergikan dan menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi insan creativepreneur untuk menghasilkan karya desain dan manajemen produk serta layanan Tridharma Perguruan Tinggi yang mampu berkontribusi bagi masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.
  3. Menghasilkan lulusan pendidikan tinggi di bidang desain produk berbasis kreativitas dan entrepreneur untuk mendukung daya saing ekonomi kreatif nasional.
  4. Menjalin kerjasama dengan para stakeholder di tingkat nasional dan internasional yang menciptakan mutual benefits bagi seluruh pihak.


Nama Program Desain & Manajemen Produk (Terakreditasi A)
Gelar Sarjana Desain - S.Ds.
Durasi 4 tahun
Syarat SMA IPA, IPS dan SMK yang relevan
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Fakultas Industri Kreatif
Fasilitas Laboratorium Computer Aided Design (CAD)
Laboratorium Desain Interaksi
Laboratorium Ergonomi
Laboratorium Fotografi
Laboratorium Kulit
Selengkapnya ...
Kontak Telepon: +62 31 298 1193
Fax: -
Email: fik@unit.ubaya.ac.id
Website: https://industrikreatif.ubaya.ac.id/product-design-management/
Bidang Kerja Brand Manager
Design Entrepreneur
Graphic Designer
Market Researcher
Model Maker
Selengkapnya ...

Program Desain dan Manajemen Produk (DMP) merupakan program inovatif yang menggabungkan prinsip-prinsip desain produk industri dengan manajemen produk untuk menciptakan solusi atau melihat peluang desian produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Program ini dirancang untuk menanggapi dinamika sosial yang terus berubah, dengan mempersiapkan mahasiswa dalam menghasilkan produk yang estetis, fungsional, dan siap untuk dipasarkan dan dijual. DMP memiliki pendekatan multidisiplin, dengan membekali mahasiswa pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang produk yang memenuhi standar estetika, ergonomi, produksi, dan keberlanjutan, sambil memastikan bahwa aspek-aspek seperti identitas visual dan komunikasi pemasaran diperhitungkan untuk keberhasilan di pasar global.

Semester 1 dan 2, mahasiswa akan mempelajari dasar-dasar estetika, kreativitas, serta mengeksplorasi prinsip-prinsip desain yang diterapkan dalam mata kuliah Gambar Bentuk dan Rupa Dasar. Selain itu, mahasiswa akan menjalani pembelajaran  pengembangan diri. Pengetahuan dasar ini dilengkapi dengan pemahaman nilai-nilai kebangsaan dan spiritual yang akan membentuk fondasi pengembangan kemampuan desain dan kemampuan berpikir kritis dalam awal perjalanan karir profesional.

Semester 3 dan 4, mahasiswa mulai memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang desain. Mata kuliah dirancang untuk mengasah kemampuan mahasiswa untuk menciptakan dan merealisasikan ide desain. Selain itu diperdalam pemahaman tentang material dan konstruksi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang diterapkan melalui Computer Aided Design dan prinsip-prinsip rekayasa. Keahlian di level ini ditambahkan pengetahuan Desain Grafis dan Digital Marketing untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan pasar global.

Semester 5 dan 6, mahasiswa diajak untuk mengembangkan pemahaman tentang desain dan pemasaran, yaitu memperkuat kemampuan dalam menciptakan dan memasarkan produk dengan pembekalan analisis data dalam konteks desain, pengembangan pendekatan ilmiah dalam desain, pendalaman aspek historis dan sosial, pengembangan pemikiran bisnis, penekanan pentingnya keberlanjutan, eksplorasi aspek komersial, dan strategi promosi.

Semester 7 dan 8, mahasiswa mencapai tahap aplikasi praktis dan penelitian dalam peminatan mereka, yaitu melalui kesempatan untuk terjun langsung dalam industri, dan fokus pada pengembangan kemampuan penelitian desain. Mata kuliah pilihan memungkinkan mahasiswa untuk melakukan personalisasi jalur pendidikan sesuai dengan minat dan tujuan karir masing-masing. Puncak peminatan dituangkan dalam karya Tugas Akhir yang diharapkan dapat mengintegrasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam sebuah proyek komprehensif yang menunjukkan kematangan akademis dan profesionalisme.

Program DMP memadukan teori dan praktik untuk membentuk kompetensi lulusan yang siap menghadapi tantangan nyata. Pembelajaran interaktif melalui tatap muka, tugas berbasis proyek, dan pengalaman laboratorium memastikan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang komprehensif. Fasilitas seperti Studio Gambar Manual, Laboratorium Protomodel, Laboratorium Computer Aided Design (CAD), Laboratorium Fotografi, Laboratorium Desain Interaksi, Laboratorium Kulit, dan Laboratorium Ergonomi menunjang proses pembelajaran. Pengajar yang merupakan ahli di bidangnya, dengan gelar master dan doktor dari universitas terkemuka, memberikan wawasan relevan dengan industri desain dan manajemen produk, menyiapkan lulusan untuk menjadi pemimpin inovatif di masa depan.

Semester 1

1801B011 GAMBAR BENTUK I 4SKS
1801B012 RUPA DASAR I 4SKS
1801B013 KREATIVITAS 3SKS
1801B014 ESTETIKA 2SKS
1801Z012 MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI 3SKS
1801Z013 LITERASI DIGITAL 2SKS
1801Z014 COMMUNICATIVE ENGLISH 2SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 2

1801Z002 PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 3SKS
1801B021 GAMBAR BENTUK II 4SKS
1801B022 RUPA DASAR II 4SKS
1801B023 ERGONOMI DESAIN 3SKS
1801B024 GAMBAR TEKNIK 3SKS
Total SKS Wajib 17SKS

Semester 3

1800B001 BAHASA INDONESIA AKADEMIK 2SKS
1801B035 CONSTRUCT MATERIALS 3SKS
1801B034 MODEL MAKING 3SKS
1801B033 DESAIN PRODUK I 6SKS
1801B032 DIGITAL MODELING 3SKS
1801B031 SEMANTIKA PRODUK 2SKS
Total SKS Wajib 19SKS

Semester 4

1801B041 DESAIN GRAFIS 3SKS
1801B042 DESAIN PRODUK II 6SKS
1801B043 FILLER MATERIALS 2SKS
1801B044 COMPUTER AIDED DESIGN 3SKS
1801B045 PRINSIP REKAYASA PRODUK 3SKS
1801B046 DIGITAL MARKETING 2SKS
Total SKS Wajib 19SKS

Semester 5

1801B054 PRODUCT PRESENTATION 3SKS
1801B057 SOSIOLOGI DESAIN 2SKS
1801B055 METODOLOGI PENELITIAN DESAIN 2SKS
1801B056 SEJARAH DESAIN 2SKS
1801B051 STATISTIKA DESAIN 2SKS
1801B052 DESAIN PRODUK III 6SKS
1801B053 BRANDING STRATEGY 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 6

1801B061 SUSTAINABLE DESIGN 3SKS
1801B062 BISNIS DESAIN 3SKS
1801B063 DESAIN PRODUK IV 6SKS
1801B064 ADVERTISING 3SKS
1801B065 FOTOGRAFI 2SKS
1301Z001 KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI 3SKS
Total SKS Wajib 20SKS

Semester 7

1801B071 KERJA PRAKTIK 3SKS
1801B072 RISET DESAIN 4SKS
Total SKS Wajib 7SKS

Semester 8

1801B081 TUGAS AKHIR 6SKS
Total SKS Wajib 6SKS

Mata Kuliah Pilihan

1803B102 SOFT PRODUCT DESIGN 3SKS
1801B108 PRODUCT EXHIBITION MANAGEMENT 3SKS
1801B107 RAGAM HIAS 3SKS
1801B106 TRANSPORTATION STYLING 3SKS
1801B105 CHARACTER DESIGN 3SKS
1801B104 SPECULATIVE DESIGN 3SKS
1801B103 TOYS DESIGN 3SKS
1801B102 VISUAL MERCHANDISING 3SKS
1801B101 PACKAGING DESIGN 3SKS

  • Mampu memimpin dan mengorganisir proyek desain dan proses produksi dalam skala kecil
  • Mampu mempresentasikan proses desain dan manajemen produk, dalam bentuk laporan desain dan visualisasi produk
  • Mampu menganalisis interaksi masyarakat dan produk eksis, untuk dapat menemukan inovasi produk
  • Mampu menilai dan mengevaluasi produk dalam strategi launching produk, manajemen produk, dan market testing
  • Mampu merancang strategi pemasaran produk dengan media komunikasi visual
  • Memahami berbagai metodologi desain dan dapat memilih sesuai dengan proses desain produk yang akan dikerjakan
  • Memahami dan mengaplikasikan dasar prinsip ekonomi dan membuat rancangan anggaran biaya
  • Memahami konsep desain untuk diaplikasikan dalam proses desain produk yang ditunjang dengan aspek desain
  • Memahami metode riset untuk diaplikasikan dalam mencari data dan/atau menguji aspek desain yang menunjang proses desain
  • Mengerti proses produksi skala besar, memahami cara penggunaan peralatan produksi skala industri kecil

  • Laboratorium Computer Aided Design (CAD)
  • Laboratorium Desain Interaksi
  • Laboratorium Ergonomi
  • Laboratorium Fotografi
  • Laboratorium Kulit
  • Laboratorium Protomodel
  • Studio Gambar Manual

  • 1 Apotek
  • 1 Lapangan Futsal
  • 1 Lapangan Sepak Bola
  • 1 wall climbing
  • 100+ Organisasi kemahasiswaan
  • 2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
  • 2 lapangan bulu tangkis
  • 2 Lapangan voli
  • 2 Poli Gigi
  • 2 Poli Umum
  • 3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
  • 3.000 space parkir mobil
  • 4.000 space parkir sepeda motor
  • 59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
  • ATM
  • Kantin dan swalayan
  • Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
  • Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
  • Wifi hot spots

  • Brand Manager
  • Design Entrepreneur
  • Graphic Designer
  • Market Researcher
  • Model Maker
  • Product Designer
  • Project Manager
  • Visual Merchandiser

2024 Penghargaan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-5 dalam kategori Consumer Life-style Oriented Design Solution
Perancangan 3in1 Stroller Multifungsi sebagai penerapan Repurpose dan Circular Life Cycle oleh Audry Zavelia Marlett
2024 Penghargaan Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) ke-5 dalam kategori Design Solution with Cultural-awarenes
Ceramic accessories for the symbol of Pua Kumbu and Pucuk Pakis oleh Misa Zuriney Anak Minggu, mahasiswa Desain dan Manajemen Produk
2023 2nd Place and Gold Medal in Mixed Choir Open Category 10th A Voyage of Songs International Choral Competition 2023
2023 Juara 1 dalam DSTART Art Competition
The Beauty of Cultural Heritage oleh Kezia Jennifer, Lorenza Michelle, dan Elizabeth patricia
2023 Juara 1 Poster DSTART 2023 Art Competition
2023 Juara 1 Wushu Indonesia Martial Art Games

Navigasi


Daftar Online