Tentang Program

Program Studi Teknik Informatika adalah program strata S-1 yang berada di dalam naungan Fakultas Teknik, Universitas Surabaya. Program Studi ini memiliki Akreditasi ""A"" sejak tahun 1998 sampai saat ini.

Teknik Informatika adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Dengan demikian ilmu yang dipelajari di Teknik Informatika tidak hanya berupa konsep dan teori saja tapi juga penerapan praktis keilmuan tersebut. Dengan demikian lulusan Teknik Informatika Ubaya selain mampu beradaptasi di dunia industri dengan cepat, lulusan tersebut akan dapat terus mengikuti perkembangan keilmuan di bidang komputer.

Program Studi ini didirikan pada tahun 1986, disahkan pendiriannya melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0729/0/1986. Pada tahun 1994, status Program Studi Teknik Informatika meningkat menjadi DIAKUI. Pada tahun 1998, BAN PT mengeluarkan surat keputusan No.002/BAN-PT/Ak-II/XII/98, dan memberikan akreditasi A kepada Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya. Di Indonesia hanya ada sedikit Program Studi Teknik Informatika yang memperoleh peringkat Akreditasi A. Selanjutnya pada tahun 2004, BAN PT kembali mengeluarkan surat keputusan No.016/BAN-PT/Ak-VII/S1/V/2004, dan memberikan akreditasi A kepada Program Studi Teknik Informatika Universitas Surabaya. Hal ini berlanjut pada akreditasi tahun 2011 sampai saat ini.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) meliputi segala aspek kehidupan manusia, baik dunia ilmu, bisnis dan industri, pemerintahan, pendidikan, serta sosial. Bidang TIK merupakan profesi yang berkembang sangat cepat dan banyak terserap pada dunia kerja. Teknik Informatika Universitas Surabaya mempelajari konsep dan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada pelbagai bidang.  Lulusan dibekali dengan kemampuan pemrograman serta pengembangan perangkat lunak  yang dimplementasikan pada komputer, internet, dan mobile communication

Visi & Misi Program

Visi

menjadi program studiteknik informatika yang ekselen dalam bidang keilmuan teknik informatika dengan menghasilkan lulusan serta karya yang bermanfaat bagi masyarakat

Misi

  1. menghasilkan lulusan unggul pada jenjang pendidikan tinggi bidang keilmuan teknik informatika yang memiliki karakter, kompetensi keilmuan dan keterampilan untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri
  2. memajukan penelitian dan penerapan keilmuan sesuai dengan perannya sebagai mitra masyarakat bisnis dan industri serta pemerintah
  3. memfasilitasi terciptanya komunitas akademis yang memberikan manfaat bagi masyarakat umum

Nama Program Teknik Informatika (Terakreditasi A)
Gelar Sarjana Komputer (S.Kom.)
Durasi 4 tahun
Syarat SMA IPA atau SMK yang sesuai bidang
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Teknik
Fasilitas
  • Laboratorium komputer grafika
  • Laboratorium multimedia
  • Laboratorium praktikum sistem operasi jaringan komputer
  • Selengkapnya..
Kontak Telepon +62 31 2981395
Fax +62 31 2981151
Email if@unit.ubaya.ac.id
Website
Bidang Kerja
  • Mobile applications developer
  • Game developer
  • Intelligent system developer
  • Data miner
  • Programmer
  • Selengkapnya..

Kurikulum Teknik Informatika Universitas Surabaya merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang membekali mahasiswa dengan kompetensi dasar (logika pemrograman dan pemrosesan data), kompetensi inti (pengembangan perangkat lunak, komunikasi data dan jaringan komputer, multimedia dan grafika komputer, serta sistem cerdas), serta kompetensi tambahan sesuai dengan bidang peminatan.  Kompetensi tersebut dibangun melalui perkuliahan di kelas, laboratorium, serta pengerjaan proyek pembuatan perangkat lunak secara individu maupun kelompok. Total beban studi sebanyak 144 sks, termasuk Kerja Praktik dan Tugas Akhir, dengan masa studi normal 8 semester (4 tahun).

Kurikulum yang dimiliki oleh Teknik Informatika Fakultas Teknik UBAYA tidak hanya dibuat untuk memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang kuat bagi mahasiswa tetapi juga memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka pada bidang tertentu. Teknik Informasi Fakultas Teknik UBAYA memiliki empat konsentrasi,yaitu:

  • Konsentrasi Enterprise Information System

    Konsentrasi Enterprise System merupakan salah satu cabang pengembangan dari ilmu komputer, untuk menjawab kebutuhan informasi bagi dunia bisnis dan berbagai bentuk organisasi, menganalisis dan merancang sistem informasi untuk memberikan solusi-solusi bagi bisnis berdasarkan informasi yang didapatkan melalui penerapan-penerapan teknologi informasi dan komunikasi.

    Pada konsentrasi ini mahasiswa mempelajari secara mendalam bagaimana membangun, menerapkan dan mengelola sistem informasi  yang berkualitas tinggi untuk berbagai organisasi, dalam menjawab kebutuhan-kebutuhan pengumpulan data dan informasi secara real-time, distribusi informasi, dan pendukung keputusan manajemen; menggunakan berbagai teknologi informasi dan komunikasi terkini.
  • Konsentrasi Multimedia Computing

    Konsentrasi di bidang ini berfokus pada bagaimana sebuah sistem komputer dapat menganalisa, menciptakan, menyimpan, mengintegtasikan, mengambil, mengubah, serta mengolah komponen dari multimedia seperti gambar, suara, teks, animasi dan video baik 2D maupun 3D.
  • Konsentrasi Intelligent Systems

    Konsentrasi Intelligent Systems menekankan pada teknik menganalisis, memodelkan, dan mengoptimalkan sistem sebagai satu kesatuan yang utuh dalam menghasilkan informasi pendukung keputusan secara cerdas.  Topik yang terkait dengan konsentrasi ini adalah Artificial Intelligence, Data mining, Operation Research, Pemodelan dan Simulasi, Decision Support System, AI for Game, Declarative Programming, Topik Khusus Kecerdasan Buatan, Soft Computing, Intelligent Information Retrieval, dan Pattern Recognition.

  • Konsentrasi Applied Network Technology

    Konsentrasi di bidang ini berfokus pada teknologi jaringan komputer dan aplikasi dari komunikasi data. Teknologi jaringan komputer yang akan dipelajari adalah Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), Internet Programming, dan Wireless Programming. Selain itu, mahasiswa akan dapat menggunakan teknologi yang ada untuk menyelesaikan masalah di bidang bisnis dan
    industri serta membuat aplikasi yang berbasis web.

Pembagian konsentrasi ini bertujuan untuk membuat mahasiswa lebih terfokus dalam memilih keterampilan yang ingin mereka kuasai

Beban studi
Total 144 sks dengan masa studi 8 semester. Mata kuliah kerja praktik bisa diambil setelah mahasiswa menyelesaikan 90 sks. Proposal tugas akhir bisa diambil setelah mahasiswa menyelesaikan 110 sks sedangkan sidang tugas akhir bisa dilakukan setelah menyelesaikan 129 sks.

Semester 1

1600A002 Bahasa inggris 2sks
1604A011 Algoritma dan pemrograman 6sks
1604A012 Pengantar informatika 2sks
00141A Pancasila dan kewarganegaraan 3sks
1600A104 Matematika 4sks
1604A013 Organisasi dan arsitektur komputer 2sks
  Total SKS Wajib 19sks

Semester 2

1604A021 Pemrograman berorientasi objek 6sks
1604A022 Sistem operasi 3sks
1604A023 Matematika diskrit 3sks
1600A001 Penulisan dan presentasi ilmiah 3sks
1607A021 Basis data 4sks
  Total SKS Wajib 19sks

 

Semester 3

1600A304 Physically based modelling 3sks
1607A031 Pemrograman basis data 2sks
1604A032 Jaringan komputer 4sks
1604A033 Desain web 2sks
1607A013 Konsep sistem informasi 2sks
1604A036 Analisis sistem 3sks
1604A031 Struktur data 4sks
  Total SKS Wajib 20sks

Semester 4

1604A041 Teknologi multimedia 3sks
1604A045 Desain dan implementasi sistem 3sks
0011xA Pendidikan agama 3sks
1604A042 Interaksi manusia komputer 3sks
1604A043 Pemrograman web 3sks
1604A044 Manajemen sains 3sks
  Total SKS Wajib 18sks

 

Semester 5

1604A053 Web framework programming 2sks
1604A054 Manajemen teknologi telematika 3sks
1600A003 Kewirausahaan & inovasi 3sks
1604A051 Pemrograman terdistribusi 4sks
1604A055 Statistika 4sks
1604A052 Information security and assurance 3sks
  Total SKS Wajib 19sks

Semester 6

1604A065 Kepemimpinan dan etika profesi 2sks
1604A062 Kecerdasan buatan 3sks
1604A063 Data mining 3sks
1604A064 E-commerce 2sks
1604A061 Pemrograman nirkabel 4sks
  Total SKS Wajib 14sks

 

Semester 7

1604A074 Kerja praktek 2sks
1604A071 Pemrograman multiplatform nirkabel 2sks
1604A072 Pemodelan dan simulasi 3sks
1604A073 Metodologi penelitian 2sks
  Total SKS Wajib 9sks

Semester 8

1604A081 Tugas akhir 5sks
  Total SKS Wajib 5sks

 

Mata Kuliah Pilihan

1604A102 Topik khusus rekayasa perangkat lunak 3sks
1607A071 Enterprise resource planning 3sks
1604A405 Information technology forensic 3sks
1604A307 Soft computing 3sks
1604A206 Computer vision 3sks
1604A106 Manajemen basis data 3sks
1604A402 Topik khusus jaringan komputer 3sks
1604A304 Declarative programming 3sks
1604A203 Multimedia information retrieval 3sks
1604A103 Workshop rekayasa perangkat lunak 3sks
1607A101 Business intelligence 3sks
1604A502 Topik khusus 3sks
1604A308 Intelligent information retrieval 3sks
1604A301 Topik khusus optimasi 3sks
1604A107 Business geographics 3sks
1607A043 Sistem informasi produksi dan scm 3sks

 

1604A403 Workshop jaringan komputer 3sks
1604A305 Artificial intelligence for game 3sks
1604A204 Computer graphics 3sks
1604A104 Pengembangan sistem e-commerce 3sks
1607A202 Customer relationship management 3sks
1604A309 Pengenalan pola 3sks
1604A302 Sistem penunjang keputusan 3sks
1604A201 Game programming 3sks
1604A101 Topik khusus basis data 3sks
1607A052 System testing & implementation 2sks
1604A404 Topik khusus keamanan komputer 3sks
1604A306 Topik khusus kecerdasan buatan 3sks
1604A205 Workshop game development 3sks
1604A105 Pengembangan sist. informasi akuntansi 3sks
1604A401 Distributed computing 3sks
1604A303 Big data analytics 3sks
1604A202 Pengolahan citra digital 3sks

 

Laboratorium komputer grafika
Laboratorium multimedia
Laboratorium praktikum sistem operasi jaringan komputer
1 Apotek
1 Lapangan Futsal
1 Lapangan Sepak Bola
1 wall climbing
100+ Organisasi kemahasiswaan
2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
2 lapangan bulu tangkis
2 Lapangan voli
2 Poli Gigi
2 Poli Umum
3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
3.000 space parkir mobil
4.000 space parkir sepeda motor
59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
ATM
Kantin dan swalayan
Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
Wifi hot spots
Mobile applications developer
software devoleper yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk perangkat genggam, seperti tablet dan smartphone.
Game developer
mengkhususkan diri pada pengembangan game digital. Game digital yang dikembangkan juga dapat memiliki kemampuan berpikir seperti layaknya manusia. Untuk itu, perancangan game dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik Artificial Intelligence.
Intelligent system developer
berperan dalam menganalisis, memodelkan, dan mengoptimalkan sistem yang ada guna menghasilkan rekomendasi putusan secara berdasarkan pertimbangan keilmuan Teknik Informatika terkini. Dalam proses memodelkan dan mengoptimalkan system, akan dipertimbangkan hal-hal yang tidak pasti yang berada di luar sistem, sehingga model dan sistem yang terbentuk merupakan model dan sistem yang cerdas.
Data miner
berperan dalam menganalisis dan mengolah data dalam skala besar untuk mendapatkan pola tertentu yang diperlukan dalam mendukung pengambilan keputusan. Proses pengolahan data memerlukan teknik-teknik kecerdasan tertentu sehingga sumber daya yang digunakan dapat dioptimalkan.
Programmer
berperan dalam mengimplementasikan dan membuat program komputer untuk menyelesaikan masalah secara inovatif, terstruktur, dan teruji dengan memanfaatkan teknologi internet, jaringan komputer, dan mobile.
System analyst
berperan dalam menganalisa masalah dan merumuskan solusinya melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Seorang system analyst mampu menganalisa sistem berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah secara terstruktur, dalam rangka pembuatan atau pengembangan sistem informasi.
Network analyst
berperan dalam proses analisis terhadap sistem jaringan komputer, perancangan topologi jaringan, pemilihan perangkat hardware dan software yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pengguna.
Web developer
software developer yang mengkhususkan pada pengembangan aplikasi perangkat lunak berbasis Web.
Software project manager
mempunyai peran untuk memimpin dan mengelola project pembuatan atau pengembangan sistem informasi, dengan tujuan utama untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya agar mencapai tujuan akhir pembuatan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan user.
Database administrator
berperan dalam pengelolaan basis data untuk berbagai kebutuhan sistem informasi dengan tujuan utama untuk mendapatkan kinerja basis data yang optimal dan aman.
It consultant
berperan untuk memberikan analisis dan rekomendasi solusi terhadap permasalahan-permasalahan terkait pembuatan, pengembangan dan implementasi sistem informasi.