Tentang Program

Sebagai Fakultas Teknobiologi tertua di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya, Fakultas Teknobiologi UBAYA berkomitmen untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkan pengembangan keilmuan dan aplikasi dari Bioteknologi. Sesuai dengan kemajuan masa kini di bidang teknologi rekayasa makhluk hidup untuk keperluan industri, diperlukan tenaga ahli yang kompeten di bidang Bioteknologi untuk berperan sebagai pelaku dan inovator Bioteknologi khususnya dalam perindustrian di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan ini dan keinginan masyarakat untuk mempelajari ilmu Bioteknologi untuk jenjang Magster, baik dari lulusan UBAYA maupun non UBAYA, maka pada tahun akademik 2016-2017 UBAYA membuka Program Magister Bioteknologi (jenjang Sarjana Strata 2). Dunia bisnis dan industri Indonesia maupun ASEAN secara mendesak membutuhkan SDM yang mampu mengeksplorasi pengembangan, aplikasi dan inovasi bidang Bioteknologi berbasis sumber daya hayati Indonesia.

Visi & Misi Program

Visi

menjadi fakultas terkemuka dan diakui (benchmark) dalam pengembangan, aplikasi dan inovasi bidang bioteknologi berbasis sumber daya hayati indonesia.

Misi

menghasilkan lulusan program bioteknologi jenjang sarjana strata 2 yang mampu menerapkan inovasi bioteknologi berbasis sumber keragaman hayati lokal indonesia bagi peningkatan kualitas kehidupan manusia melalui penyelenggaraan pendidikan program bioteknologi jenjang sarjana strata 2 yang senantiasa melakukan inovasi pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Nama Program Magister Bioteknologi (Terakreditasi)
Gelar Magister Bioteknologi (M.Biotek)
Durasi 2 tahun
Syarat S1 dari program studi terkait bioteknologi
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Teknobiologi
Kontak Telepon (031) 2981399
Fax (031) 2981278
Email biotek@unit.ubaya.ac.id
Website

Kurikulum pada program studi magister bioteknologi dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan:

  1. Unggul dalam merancang dan mengembangkan proses pemanfaatan mikroorganisme dan/atau tanaman untuk menghasilkan produk atau jasa dalam bidang pangan, lingkungan, kesehatan dan forensik
  2. Memiliki pemahaman tentang metodologi penelitian ilmiah dalam bidang bioteknologi dan menerapkannya dalam upaya menggali pengetahuan dan memastikan validitasnya.
  3. Mampu untuk selalu memperbaharui pengetahuan dan pemahaman tentang peran dan penerapan bioteknologi dalam penyelesaian masalah-masalah di lingkungan yang mengalami perubahan terus-menerus.
  4. Mampu menangkap dan menginisiasi peluang aplikasi bisnis dan industri dari produk-produk atau jasa bioteknologi.
  5. Memiliki kemampuan untuk menempatkan diri secara positif dalam kultur yang beragam dan dinamis, dalam kondisi ekonomi yang kompetitif dalam kerja tim dan isu-isu etika dan moral yang kompleks.
  6. Memiliki kemampuan untuk berperilaku secara efektif, matang dan indenpenden dalam menyampaikan pemikiran dalam komunikasi secara oral dan tertulis
  7. Memiliki wawasan kebangsaan yang baik sebagai warga negara yang bertanggung jawab

1 Apotek
1 Lapangan Futsal
1 Lapangan Sepak Bola
1 wall climbing
100+ Organisasi kemahasiswaan
2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
2 lapangan bulu tangkis
2 Lapangan voli
2 Poli Gigi
2 Poli Umum
3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
3.000 space parkir mobil
4.000 space parkir sepeda motor
59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
ATM
Kantin dan swalayan
Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
Wifi hot spots