Tentang Program


Desain dan Manajemen Produk adalah program yang menyinergikan keilmuan industrial design dan manajemen produk termasuk di dalamnya desain komunikasi. Penyelenggaraan Program Studi Desain dan Manajemen Produk bertujuan untuk menjawab fenomena yang terjadi yaitu suatu produk dapat diterima dan mampu bersaing di pasar jika produk tersebut mempunyai desain yang inovatif dan juga didukung oleh manajemen produk yang tepat. Untuk dapat bersaing di pasar, desain yang inovatif tentu dibutuhkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek demografi, fungsi, kegiatan, prosedur operasi, product value, ergonomi dan safety, rupa, estetika, rekayasa, teknologi, bahan, produksi, ekonomi, psikologi, lingkungan hidup, unjuk kerja, hukum dan aturan, kesehatan, HaKI, perlindungan konsumen, klasifikasi produk, pembakuan, jumlah produk, sejarah dan kronologi, serta sosial budaya. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga akan mempengaruhi suatu produk ini dapat diterima dan unggul di pasar seperti waktu peluncuran produk, kapan produk yang lama harus diganti dengan yang baru, variasi apa yang bisa dilakukan pada produk, harga jual produk, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, manajemen produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk selain desain yang inovatif. Program studi Desain dan Manajemen Produk membekali mahasiswa dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan industrial design sehingga mampu merancang suatu produk yang nyaman dan memenuhi aspek estetika untuk diproduksi secara masal. Mata kuliah pada keilmuan manajemen produk diberikan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat merancang dan mengevaluasi peluncuran produk ke pasar serta merancang upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Sedangkan untuk bisa meningkatkan nilai produk dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung seperti kemasan dan iklan, mahasiswa dibekali dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan desain komunikasi. Lulusan dari program studi Desain dan Manajemen Produk diharapkan mampu melakukan perancangan dan pengembangan produk secara manual dan terkomputerisasi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek secara komprehensif mulai dari awal sampai akhir siklus proses serta mampu melakukan manajemen produk mulai mendefinisikan produk baru, membawa produk ke pasar, sampai merancang keberlanjutan produk sehingga menghasilkan keuntungan. Produk yang didesain pada program studi Desain dan Manajemen Produk adalah produk- produk yang dipakai secara luas oleh masyarakat atau consumer products seperti peralatan rumah tangga, furnitur, peralatan kesehatan, alat transportasi, peralatan pendidikan, mainan, peralatan olah raga, dan produk lain yang sejenis. Untuk membentuk kompetensi lulusan tersebut, pembelajaran pada program studi Desain dan Manajemen Produk dilaksanakan melalui perpaduan antara teori dan praktek. Selain melakukan pembelajaran dengan tatap muka, pembelajaran juga dilakukan berbasiskan proyek, dan juga berbasiskan laboratorium. Fasilitas studio dan laboratorium yang tersedia dalam menunjang pembelajaran di program studi Desain dan Manajemen Produk adalah Studio Gambar Manual, Laboratorium Pengembangan Produk, Laboratorium Computer Aided Design/ Manufacturing/Engineering, Laboratorium Pemodelan, Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi, Teaching Industry, Laboratorium Pengetahuan Bahan Teknik, Laboratorium Proses Manufaktur dan Laboratorium Fotografi. Semua pengajar pada program studi Desain dan Manajemen Produk mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang desain dan manajemen produk. Selain itu para pengajar ini juga merupakan sarjana, master, atau doktor dari berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri.

Visi Misi


VISI

menjadi program studi desain produk yang unggul dalam pengembangan bakat-bakat creative-preneurship berwawasan global di bidang desain produk untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.

MISI

  1. menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi di bidang desain produk dengan mengintegrasikan sains, teknologi, sosial budaya, dan humaniora, melalui pengembangan potensi desain berbasis budaya lokal yang berwawasan global.
  2. menyinergikan dan menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi insan creative-preneur untuk menghasilkan karya desain dan manajemen produk serta layanan tridharma perguruan tinggi yang mampu berkontribusi bagi masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.
  3. menghasilkan lulusan pendidikan tinggi di bidang desain produk berbasis kreativitas dan enterpreneur untuk mendukung daya saing ekonomi kreatif nasional.
  4. menjalin kerjasama dengan para stakeholder di tingkat nasional dan internasional yang menciptakan mutual benefits bagi seluruh pihak.

Nama Program Desain & Manajemen Produk (Terakreditasi)
Gelar Sarjana Desain (S. Ds.)
Durasi 4 tahun
Syarat SMA IPA, IPS dan SMK yang relevan
Lokasi Kampus Kampus Tenggilis
Fakultas Industri Kreatif
Fasilitas
  • Laboratorium Computer Aided Design + Software
  • Laboratorium Fotografi
  • Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi
  • Laboratorium Proses Manufaktur
  • Laboratorium Prototyping
  • Selengkapnya..
Kontak Telepon +62 31 298 1193
Fax +62 31 298 1192
Email fik@unit.ubaya.ac.id
Website
Bidang Kerja
  • Product brand management
  • Enterpreneur
  • Custom designer
  • Fashion stylist
  • Fashion photographer
  • Selengkapnya..

Kurikulum

Desain dan Manajemen Produk adalah program yang menyinergikan keilmuan industrial design dan manajemen produk termasuk di dalamnya desain komunikasi. Penyelenggaraan Program Studi Desain dan Manajemen Produk bertujuan untuk menjawab fenomena yang terjadi yaitu suatu produk dapat diterima dan mampu bersaing di pasar jika produk tersebut mempunyai desain yang inovatif dan juga didukung oleh manajemen produk yang tepat. Untuk dapat bersaing di pasar, desain yang inovatif tentu dibutuhkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek demografi, fungsi, kegiatan, prosedur operasi, product value, ergonomi dan safety, rupa, estetika, rekayasa, teknologi, bahan, produksi, ekonomi, psikologi, lingkungan hidup, unjuk kerja, hukum dan aturan, kesehatan, HaKI, perlindungan konsumen, klasifikasi produk, pembakuan, jumlah produk, sejarah dan kronologi, serta sosial budaya. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga akan mempengaruhi suatu produk ini dapat diterima dan unggul di pasar seperti waktu peluncuran produk, kapan produk yang lama harus diganti dengan yang baru, variasi apa yang bisa dilakukan pada produk, harga jual produk, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, manajemen produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk selain desain yang inovatif. Program studi Desain dan Manajemen Produk membekali mahasiswa dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan industrial design sehingga mampu merancang suatu produk yang nyaman dan memenuhi aspek estetika untuk diproduksi secara masal. Mata kuliah pada keilmuan manajemen produk diberikan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat merancang dan mengevaluasi peluncuran produk ke pasar serta merancang upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Sedangkan untuk bisa meningkatkan nilai produk dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung seperti kemasan dan iklan, mahasiswa dibekali dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan desain komunikasi. Lulusan dari program studi Desain dan Manajemen Produk diharapkan mampu melakukan perancangan dan pengembangan produk secara manual dan terkomputerisasi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek secara komprehensif mulai dari awal sampai akhir siklus proses serta mampu melakukan manajemen produk mulai mendefinisikan produk baru, membawa produk ke pasar, sampai merancang keberlanjutan produk sehingga menghasilkan keuntungan. Produk yang didesain pada program studi Desain dan Manajemen Produk adalah produk- produk yang dipakai secara luas oleh masyarakat atau consumer products seperti peralatan rumah tangga, furnitur, peralatan kesehatan, alat transportasi, peralatan pendidikan, mainan, peralatan olah raga, dan produk lain yang sejenis. Untuk membentuk kompetensi lulusan tersebut, pembelajaran pada program studi Desain dan Manajemen Produk dilaksanakan melalui perpaduan antara teori dan praktek. Selain melakukan pembelajaran dengan tatap muka, pembelajaran juga dilakukan berbasiskan proyek, dan juga berbasiskan laboratorium. Fasilitas studio dan laboratorium yang tersedia dalam menunjang pembelajaran di program studi Desain dan Manajemen Produk adalah Studio Gambar Manual, Laboratorium Pengembangan Produk, Laboratorium Computer Aided Design/ Manufacturing/Engineering, Laboratorium Pemodelan, Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi, Teaching Industry, Laboratorium Pengetahuan Bahan Teknik, Laboratorium Proses Manufaktur dan Laboratorium Fotografi. Semua pengajar pada program studi Desain dan Manajemen Produk mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang desain dan manajemen produk. Selain itu para pengajar ini juga merupakan sarjana, master, atau doktor dari berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri.

Semester 1

1801A015 Kreativitas 3sks
1801A012 Gambar konstruk i 2sks
0001xA Pendidikan agama 3sks
1801A016 Sejarah desain 2sks
1801A013 Estetika i 2sks
1801A014 Nirmana i 4sks
1801A011 Gambar i 4sks
  Total SKS Wajib 20sks

Semester 2

1801A023 Estetika ii 2sks
1801A027 Fenomena alam 2sks
1801A024 Nirmana ii 4sks
1801A021 Gambar ii 4sks
1801A025 Gambar teknik 3sks
1801A022 Gambar konstruk ii 2sks
1801A026 Ergonomi desain 3sks
  Total SKS Wajib 20sks

 

Semester 3

1801A033 Material dan proses 3sks
1800A001 Penulisan dan presentasi ilmiah 3sks
1801A034 Computer aided design 3sks
1801A031 Desain produk i 6sks
1801A035 Pemodelan 3sks
1801A032 Prinsip rekayasa produk 2sks
  Total SKS Wajib 20sks

Semester 4

1801A045 Pemodelan digital 3sks
1801A042 Sosiologi desain 2sks
1801A046 Manajemen pemasaran 2sks
1801A043 Semantika produk 2sks
1801A047 Statistika desain 2sks
1801A044 Desain grafis 3sks
1801A041 Desain produk ii 6sks
  Total SKS Wajib 20sks

 

Semester 5

1801A055 Bisnis desain 2sks
1801A052 Metodologi penelitian desain 2sks
1801A056 Analisis biaya 2sks
1801A053 Presentasi produk 3sks
1800A002 Bahasa inggris 2sks
1801A054 Branding strategy 2sks
1801A051 Desain produk iii 6sks
  Total SKS Wajib 19sks

Semester 6

1000A002 Pancasila dan kewarganegaraan 3sks
1801A063 Advertising 3sks
1801A064 Tinjauan desain 2sks
1801A061 Desain produk iv 6sks
1801A062 Sustainable design 3sks
  Total SKS Wajib 17sks

 

Semester 7

1801A072 Kerja praktek 2sks
1801A073 Etika desain dan haki 2sks
1801A074 Product lifecycle management 2sks
1801A071 Riset desain 4sks
1000A001 Kewirausahaan dan inovasi 3sks
  Total SKS Wajib 13sks

Semester 8

1801A081 Tugas akhir 6sks
  Total SKS Wajib 6sks

 

Mata Kuliah Pilihan

1801A108 Transportation design 3sks
1801A101 Identitas visual produk 3sks
1801A112 Topik khusus 3sks
1801A105 Lifestyle product design 3sks
1801A109 Furniture design 3sks
1801A102 Visual merchandising 3sks

 

00151A Kuliah kerja nyata 3sks
1801A106 Toys design 3sks
1801A110 Craft design 3sks
1801A103 Packaging design 3sks
1801A107 Desain aeromodel 3sks
1801A111 Ragam hias 3sks
1801A104 Fotografi 3sks

 

Kompetensi Lulusan Desain & Manajemen Produk


Mampu Mengenali permasalahan yang ada, menganalisis permasalahan serta mampu menerjemahkan menjadi konsep desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
mampu menerjemahkan konsep desain menjadi desain produk akhir yang inovatif dengan memperhatikan aspek desain
mampu mempersiapkan dan mengevaluasi launching produk ke masyarakat dan mampu mengevaluasi siklus hidup produk serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di masyarakat.

Fasilitas Program Desain & Manajemen Produk


Laboratorium Computer Aided Design + Software
Laboratorium Fotografi
Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi
Laboratorium Proses Manufaktur
Laboratorium Prototyping

Fasilitas Universitas Surabaya


1 Apotek
1 Lapangan Futsal
1 Lapangan Sepak Bola
1 wall climbing
100+ Organisasi kemahasiswaan
2 Lapangan Basket (indoor + outdoor)
2 lapangan bulu tangkis
2 Lapangan voli
2 Poli Gigi
2 Poli Umum
3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2)
3.000 space parkir mobil
4.000 space parkir sepeda motor
59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini
ATM
Kantin dan swalayan
Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku)
Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD
Wifi hot spots

Bidang Kerja Lulusan Desain & Manajemen Produk


Product brand management
Enterpreneur
Custom designer
Fashion stylist
Fashion photographer
Accessories designer
Fashion design
Boutique owner
Fashion consultant