Tentang Program

Desain dan Manajemen Produk adalah program yang menyinergikan keilmuan industrial design dan manajemen produk termasuk di dalamnya desain komunikasi. Penyelenggaraan Program Studi Desain dan Manajemen Produk bertujuan untuk menjawab fenomena yang terjadi yaitu suatu produk dapat diterima dan mampu bersaing di pasar jika produk tersebut mempunyai desain yang inovatif dan juga didukung oleh manajemen produk yang tepat. Untuk dapat bersaing di pasar, desain yang inovatif tentu dibutuhkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek demografi, fungsi, kegiatan, prosedur operasi, product value, ergonomi dan safety, rupa, estetika, rekayasa, teknologi, bahan, produksi, ekonomi, psikologi, lingkungan hidup, unjuk kerja, hukum dan aturan, kesehatan, HaKI, perlindungan konsumen, klasifikasi produk, pembakuan, jumlah produk, sejarah dan kronologi, serta sosial budaya. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga akan mempengaruhi suatu produk ini dapat diterima dan unggul di pasar seperti waktu peluncuran produk, kapan produk yang lama harus diganti dengan yang baru, variasi apa yang bisa dilakukan pada produk, harga jual produk, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, manajemen produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk selain desain yang inovatif. Program studi Desain dan Manajemen Produk membekali mahasiswa dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan industrial design sehingga mampu merancang suatu produk yang nyaman dan memenuhi aspek estetika untuk diproduksi secara masal. Mata kuliah pada keilmuan manajemen produk diberikan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat merancang dan mengevaluasi peluncuran produk ke pasar serta merancang upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Sedangkan untuk bisa meningkatkan nilai produk dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung seperti kemasan dan iklan, mahasiswa dibekali dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan desain komunikasi. Lulusan dari program studi Desain dan Manajemen Produk diharapkan mampu melakukan perancangan dan pengembangan produk secara manual dan terkomputerisasi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek secara komprehensif mulai dari awal sampai akhir siklus proses serta mampu melakukan manajemen produk mulai mendefinisikan produk baru, membawa produk ke pasar, sampai merancang keberlanjutan produk sehingga menghasilkan keuntungan. Produk yang didesain pada program studi Desain dan Manajemen Produk adalah produk- produk yang dipakai secara luas oleh masyarakat atau consumer products seperti peralatan rumah tangga, furnitur, peralatan kesehatan, alat transportasi, peralatan pendidikan, mainan, peralatan olah raga, dan produk lain yang sejenis. Untuk membentuk kompetensi lulusan tersebut, pembelajaran pada program studi Desain dan Manajemen Produk dilaksanakan melalui perpaduan antara teori dan praktek. Selain melakukan pembelajaran dengan tatap muka, pembelajaran juga dilakukan berbasiskan proyek, dan juga berbasiskan laboratorium. Fasilitas studio dan laboratorium yang tersedia dalam menunjang pembelajaran di program studi Desain dan Manajemen Produk adalah Studio Gambar Manual, Laboratorium Pengembangan Produk, Laboratorium Computer Aided Design/ Manufacturing/Engineering, Laboratorium Pemodelan, Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi, Teaching Industry, Laboratorium Pengetahuan Bahan Teknik, Laboratorium Proses Manufaktur dan Laboratorium Fotografi. Semua pengajar pada program studi Desain dan Manajemen Produk mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang desain dan manajemen produk. Selain itu para pengajar ini juga merupakan sarjana, master, atau doktor dari berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri.
Visi Misi
VISI
menjadi program studi desain produk yang unggul dalam pengembangan bakat-bakat creative-preneurship berwawasan global di bidang desain produk untuk memajukan masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.
MISI
- menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi di bidang desain produk dengan mengintegrasikan sains, teknologi, sosial budaya, dan humaniora, melalui pengembangan potensi desain berbasis budaya lokal yang berwawasan global.
- menyinergikan dan menciptakan iklim akademik yang kondusif bagi insan creative-preneur untuk menghasilkan karya desain dan manajemen produk serta layanan tridharma perguruan tinggi yang mampu berkontribusi bagi masyarakat bisnis dan industri di tingkat nasional.
- menghasilkan lulusan pendidikan tinggi di bidang desain produk berbasis kreativitas dan enterpreneur untuk mendukung daya saing ekonomi kreatif nasional.
- menjalin kerjasama dengan para stakeholder di tingkat nasional dan internasional yang menciptakan mutual benefits bagi seluruh pihak.
Nama Program | Desain & Manajemen Produk (Terakreditasi A klik untuk sertifikat) |
Gelar | Sarjana Desain (S. Ds.) |
Durasi | 4 tahun |
Syarat | SMA IPA, IPS dan SMK yang relevan |
Lokasi Kampus | Kampus Tenggilis |
Fakultas | Industri Kreatif |
Fasilitas |
|
Kontak |
Telepon +62 31 298 1193 Fax +62 31 298 1192 Email fik@unit.ubaya.ac.id; website: industrikreatif.ubaya.ac.id Website |
Bidang Kerja |
|
Kurikulum
Desain dan Manajemen Produk adalah program yang menyinergikan keilmuan industrial design dan manajemen produk termasuk di dalamnya desain komunikasi. Penyelenggaraan Program Studi Desain dan Manajemen Produk bertujuan untuk menjawab fenomena yang terjadi yaitu suatu produk dapat diterima dan mampu bersaing di pasar jika produk tersebut mempunyai desain yang inovatif dan juga didukung oleh manajemen produk yang tepat. Untuk dapat bersaing di pasar, desain yang inovatif tentu dibutuhkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek demografi, fungsi, kegiatan, prosedur operasi, product value, ergonomi dan safety, rupa, estetika, rekayasa, teknologi, bahan, produksi, ekonomi, psikologi, lingkungan hidup, unjuk kerja, hukum dan aturan, kesehatan, HaKI, perlindungan konsumen, klasifikasi produk, pembakuan, jumlah produk, sejarah dan kronologi, serta sosial budaya. Selain itu, terdapat faktor-faktor lain yang juga akan mempengaruhi suatu produk ini dapat diterima dan unggul di pasar seperti waktu peluncuran produk, kapan produk yang lama harus diganti dengan yang baru, variasi apa yang bisa dilakukan pada produk, harga jual produk, dan beberapa faktor lainnya. Oleh karena itu, manajemen produk yang tepat juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dari suatu produk selain desain yang inovatif. Program studi Desain dan Manajemen Produk membekali mahasiswa dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan industrial design sehingga mampu merancang suatu produk yang nyaman dan memenuhi aspek estetika untuk diproduksi secara masal. Mata kuliah pada keilmuan manajemen produk diberikan untuk menyiapkan mahasiswa agar dapat merancang dan mengevaluasi peluncuran produk ke pasar serta merancang upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar. Sedangkan untuk bisa meningkatkan nilai produk dengan mendayagunakan unsur-unsur pendukung seperti kemasan dan iklan, mahasiswa dibekali dengan berbagai mata kuliah pada keilmuan desain komunikasi. Lulusan dari program studi Desain dan Manajemen Produk diharapkan mampu melakukan perancangan dan pengembangan produk secara manual dan terkomputerisasi dengan mempertimbangkan berbagai macam aspek secara komprehensif mulai dari awal sampai akhir siklus proses serta mampu melakukan manajemen produk mulai mendefinisikan produk baru, membawa produk ke pasar, sampai merancang keberlanjutan produk sehingga menghasilkan keuntungan. Produk yang didesain pada program studi Desain dan Manajemen Produk adalah produk- produk yang dipakai secara luas oleh masyarakat atau consumer products seperti peralatan rumah tangga, furnitur, peralatan kesehatan, alat transportasi, peralatan pendidikan, mainan, peralatan olah raga, dan produk lain yang sejenis. Untuk membentuk kompetensi lulusan tersebut, pembelajaran pada program studi Desain dan Manajemen Produk dilaksanakan melalui perpaduan antara teori dan praktek. Selain melakukan pembelajaran dengan tatap muka, pembelajaran juga dilakukan berbasiskan proyek, dan juga berbasiskan laboratorium. Fasilitas studio dan laboratorium yang tersedia dalam menunjang pembelajaran di program studi Desain dan Manajemen Produk adalah Studio Gambar Manual, Laboratorium Pengembangan Produk, Laboratorium Computer Aided Design/ Manufacturing/Engineering, Laboratorium Pemodelan, Laboratorium Desain Kerja dan Ergonomi, Teaching Industry, Laboratorium Pengetahuan Bahan Teknik, Laboratorium Proses Manufaktur dan Laboratorium Fotografi. Semua pengajar pada program studi Desain dan Manajemen Produk mempunyai latar belakang pendidikan yang relevan dengan bidang desain dan manajemen produk. Selain itu para pengajar ini juga merupakan sarjana, master, atau doktor dari berbagai universitas terkemuka di dalam maupun di luar negeri.
Semester 1
0001xA | PENDIDIKAN AGAMA | 3sks |
1801A011 | GAMBAR I | 4sks |
1801A012 | GAMBAR KONSTRUK I | 2sks |
1801A013 | ESTETIKA I | 2sks |
1801A014 | NIRMANA I | 4sks |
1801A015 | KREATIVITAS | 3sks |
1801A016 | SEJARAH DESAIN | 2sks |
1801B011 | GAMBAR BENTUK I | 4sks |
1801B012 | RUPA DASAR I | 4sks |
1801B013 | KREATIVITAS | 3sks |
1801B014 | ESTETIKA | 2sks |
1801Z012 | MANUSIA DAN PENGEMBANGAN DIRI | 3sks |
1801Z013 | LITERASI DIGITAL | 2sks |
1801Z014 | COMMUNICATIVE ENGLISH | 2sks |
Total SKS Wajib | 40sks |
Semester 2
1000C003 | PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN | 3sks |
1000C004 | PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK | 3sks |
1000C005 | PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | 3sks |
1000C006 | PENDIDIKAN AGAMA HINDU | 3sks |
1000C007 | PENDIDIKAN AGAMA BUDHA | 3sks |
1000C008 | PENDIDIKAN AGAMA KHONGHUCU | 3sks |
1801A021 | GAMBAR II | 4sks |
1801A022 | GAMBAR KONSTRUK II | 2sks |
1801A023 | ESTETIKA II | 2sks |
1801A024 | NIRMANA II | 4sks |
1801A025 | GAMBAR TEKNIK | 3sks |
1801A026 | ERGONOMI DESAIN | 3sks |
1801A027 | FENOMENA ALAM | 2sks |
1801B021 | GAMBAR BENTUK II | 4sks |
1801B022 | RUPA DASAR II | 4sks |
1801B023 | ERGONOMI DESAIN | 3sks |
1801B024 | GAMBAR TEKNIK | 3sks |
1801Z002 | PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN | 3sks |
Total SKS Wajib | 55sks |
Semester 3
1800A001 | PENULISAN DAN PRESENTASI ILMIAH | 3sks |
1800B001 | BAHASA INDONESIA AKADEMIK | 2sks |
1801A031 | DESAIN PRODUK I | 6sks |
1801A032 | PRINSIP REKAYASA PRODUK | 2sks |
1801A033 | MATERIAL DAN PROSES | 3sks |
1801A034 | COMPUTER AIDED DESIGN | 3sks |
1801A035 | PEMODELAN | 3sks |
1801B031 | SEMANTIKA PRODUK | 2sks |
1801B032 | DIGITAL MODELING | 3sks |
1801B033 | DESAIN PRODUK I | 6sks |
1801B034 | MODEL MAKING | 3sks |
1801B035 | CONSTRUCT MATERIALS | 3sks |
Total SKS Wajib | 39sks |
Semester 4
1801A041 | DESAIN PRODUK II | 6sks |
1801A042 | SOSIOLOGI DESAIN | 2sks |
1801A043 | SEMANTIKA PRODUK | 2sks |
1801A044 | DESAIN GRAFIS | 3sks |
1801A045 | PEMODELAN DIGITAL | 3sks |
1801A046 | MANAJEMEN PEMASARAN | 2sks |
1801A047 | STATISTIKA DESAIN | 2sks |
1801B041 | DESAIN GRAFIS | 3sks |
1801B042 | DESAIN PRODUK II | 6sks |
1801B043 | FILLER MATERIALS | 2sks |
1801B044 | COMPUTER AIDED DESIGN | 3sks |
1801B045 | PRINSIP REKAYASA PRODUK | 3sks |
1801B046 | DIGITAL MARKETING | 2sks |
Total SKS Wajib | 39sks |
Semester 5
1800A002 | BAHASA INGGRIS | 2sks |
1801A051 | DESAIN PRODUK III | 6sks |
1801A052 | METODOLOGI PENELITIAN DESAIN | 2sks |
1801A053 | PRESENTASI PRODUK | 3sks |
1801A054 | BRANDING STRATEGY | 2sks |
1801A055 | BISNIS DESAIN | 2sks |
1801A056 | ANALISIS BIAYA | 2sks |
1801B051 | STATISTIKA DESAIN | 2sks |
1801B052 | DESAIN PRODUK III | 6sks |
1801B053 | BRANDING STRATEGY | 3sks |
1801B054 | PRODUCT PRESENTATION | 3sks |
1801B055 | METODOLOGI PENELITIAN DESAIN | 2sks |
1801B056 | SEJARAH DESAIN | 2sks |
1801B057 | SOSIOLOGI DESAIN | 2sks |
Total SKS Wajib | 39sks |
Semester 6
1000A002 | PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN | 3sks |
1301Z001 | KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI | 3sks |
1801A061 | DESAIN PRODUK IV | 6sks |
1801A062 | SUSTAINABLE DESIGN | 3sks |
1801A063 | ADVERTISING | 3sks |
1801A064 | TINJAUAN DESAIN | 2sks |
1801B061 | SUSTAINABLE DESIGN | 3sks |
1801B062 | BISNIS DESAIN | 3sks |
1801B063 | DESAIN PRODUK IV | 6sks |
1801B064 | ADVERTISING | 3sks |
1801B065 | FOTOGRAFI | 2sks |
Total SKS Wajib | 37sks |
Semester 7
1000A001 | KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI | 3sks |
1801A071 | RISET DESAIN | 4sks |
1801A073 | ETIKA DESAIN DAN HAKI | 2sks |
1801A074 | PRODUCT LIFECYCLE MANAGEMENT | 2sks |
1801B071 | KERJA PRAKTIK | 3sks |
1801B072 | RISET DESAIN | 4sks |
Total SKS Wajib | 18sks |
Semester 8
1801A081 | TUGAS AKHIR | 6sks |
1801B081 | TUGAS AKHIR | 6sks |
Total SKS Wajib | 12sks |
Mata Kuliah Pilihan
00151A | KULIAH KERJA NYATA | 3sks |
1801A101 | IDENTITAS VISUAL PRODUK | 3sks |
1801A102 | VISUAL MERCHANDISING | 3sks |
1801A103 | PACKAGING DESIGN | 3sks |
1801A104 | FOTOGRAFI | 3sks |
1801A105 | LIFESTYLE PRODUCT DESIGN | 3sks |
1801A106 | TOYS DESIGN | 3sks |
1801A107 | DESAIN AEROMODEL | 3sks |
1801A108 | TRANSPORTATION DESIGN | 3sks |
1801A109 | FURNITURE DESIGN | 3sks |
1801A110 | CRAFT DESIGN | 3sks |
1801A111 | RAGAM HIAS | 3sks |
1801A112 | TOPIK KHUSUS | 3sks |
1801B101 | PACKAGING DESIGN | 3sks |
1801B102 | VISUAL MERCHANDISING | 3sks |
1801B103 | TOYS DESIGN | 3sks |
1801B104 | SPECULATIVE DESIGN | 3sks |
1801B105 | CHARACTER DESIGN | 3sks |
1801B106 | TRANSPORTATION STYLING | 3sks |
1801B107 | RAGAM HIAS | 3sks |
1801B108 | PRODUCT EXHIBITION MANAGEMENT | 3sks |
1801B112 | TOPIK KHUSUS: TRADITIONAL ART & DESIGN | 3sks |
1801B113 | SOCIAL AWARNESS WITH DESIGN PERSPECTIVE | 3sks |
1801B114 | SELF EXPLORATION & DESIGN THINKING | 3sks |
1801B115 | TOPIK KHUSUS : ADVERTISING | 3sks |
1801B116 | TOPIK KHUSUS : BRAND 101 | 3sks |
1801B117 | ECO PRINTING & NATURAL DYEING | 3sks |
1801B118 | TOPIK KHUSUS : DIGITAL IMAGING | 3sks |
1801B119 | TOPIK KHUSUS : GAME ASSET DESIGN | 3sks |
1801B120 | TOPIK KHUSUS : DESIGN COLLABORATION | 3sks |
1803B102 | SOFT PRODUCT DESIGN | 3sks |
Kompetensi Lulusan Desain & Manajemen Produk
Mampu Mengenali permasalahan yang ada, menganalisis permasalahan serta mampu menerjemahkan menjadi konsep desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna |
mampu menerjemahkan konsep desain menjadi desain produk akhir yang inovatif dengan memperhatikan aspek desain |
mampu mempersiapkan dan mengevaluasi launching produk ke masyarakat dan mampu mengevaluasi siklus hidup produk serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di masyarakat. |
Fasilitas Program Desain & Manajemen Produk
Laboratorium Computer Aided Design + Software |
Laboratorium Fotografi |
Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi |
Laboratorium Proses Manufaktur |
Laboratorium Protomodel |
Laboratorium Prototyping |
Fasilitas Universitas Surabaya
1 Apotek |
1 Lapangan Futsal |
1 Lapangan Sepak Bola |
1 wall climbing |
100+ Organisasi kemahasiswaan |
2 Lapangan Basket (indoor + outdoor) |
2 lapangan bulu tangkis |
2 Lapangan voli |
2 Poli Gigi |
2 Poli Umum |
3 Lokasi Kampus (Luas Lahan > 269.300m2) |
3.000 space parkir mobil |
4.000 space parkir sepeda motor |
59 Laboratorium lengkap dengan peralatan terkini |
ATM |
Kantin dan swalayan |
Perpustakaan 6 Lantai (> 53.300 Judul Buku) |
Semua ruang kelas ber AC dan Proyektor LCD |
Wifi hot spots |
Bidang Kerja Lulusan Desain & Manajemen Produk
Product brand management |
Enterpreneur |
Custom designer |
Fashion stylist |
Fashion photographer |
Accessories designer |
Fashion design |
Boutique owner |
Fashion consultant |